Cara Mengatasi Trafik Blog yang Turun

Mungkkin untuk teman-teman blogger banyak yang mengalami mengapa trafik turun, saya pun pernah mengalami. Kita tidak tahu kapan tiba-tiba trafik terjun bebas, dan agak sulit mengetahui apa sih sebabnya. Karena itu, sesama   blogger saya akan mencoba membantu menganalisis dan mengatasi trafik blog yang turun, tentunya pasti bisa karena banyak yg sudah membuktikan.

Beberapa kemungkinan penyebab trafik turun

  1. Google dance
  2. Update google
  3. Dicopas
  4. Sandboox

Yang paling sering adalah Google Dance dan Update Google yang menjadi penyebab trafik turun drastis, copas bisa diatasi dengan melakukan banding ke google DMCA atau diberi anti copas. 

Untuk yang tersapau update google biasanya adalah blog dengan low quality conten, copas, over optimazing, broken link di webmaster. 
Blog tersapu update google = kena dance/ sandboox. Jika tersikat sandboox sudah tidak dapat diharapkan lagi kesembuhannya.

Analisis penyebab Google Dance

1. Over keyword
Bukan pada long tail keyword tapi pada keyword tunggal. Misalkan ada kata "cinta" lebih dari 8% dalam satu halaman. Sebenarnya hal ini juga menyebabkan sulitnya terindek. Kenali apa itu keyword density supaya optimasi nya benar tidak terjadi over.

Mengapa keyword stuffing aman-aman aja? karena yang digunakan keyword kalimat (long tail keyword), bukan tunggal

2. Submit sosbook sebelum terindek
Ini yang terjadi pada blog ku. Ternyata melakukan submit sebelum terindek sangat potensial mengundang dance. 

Dalam satu waktu google menemukan postingan yang sama persis untuk di indek. Tentu saja situs sosbookmark mempunyai ranking lebih tinggi drpd blog kita. 
Lalu Google menemukan link blog kita di situs sosbook tsb, link tsb bukannya menjadi rating, malah dianggap spaming. So.! post kita digeser ke belakang, dan post yg ada di sosbook yang digeser kedepan. Hati-hati mensubmit di Sosial Bookmarking

3. Salah Ping Blog
Ping blog setiap hari, atau sehari 5 kali sangat potensial mengundang dance. Dengan ping kemungkinan post blog akan muncul di mana-mana. Ping memang mempercepat indek, kalo indek dah cepat kenapa harus bom ping?

4. Over Backlink
Sehari 10-100-1000 backlink sekaligus dg anchor text yang sama malah mengundang satpam google specialis spaming. 

Bagaimana pasang Backlink yang baik? 
  1. Sesuai niche
  2. setiap pasang cukup 1-2 BL saja
  3. Kemudain pasang lagi disaat kamu sudah lupa kapan terakhir pasang BL

Cara Mengtasi Google Dance 

1. Hapus blog dari webmaster tool

2. Buat 1-2 posting unik setiap hari, wajib unik jangan ada link keluar (susah..? namanya juga pengobatan)

3. Dalam post beri link 1-2 aja ke post-post sebelumnya yang kena dance

4. Lepas link-link keluar sebisanya

5. Kasih script anti kopas supaya ke originalan konten ter amankan

6. Ganti judul blog (opsional)

7. Tunggu sampai judul baru terindek, setelah itu ping blog 1-2 kali aja

8. Ganti atau tambah meta description (untuk mengundang robot nge cek lagi), meta keyword? terserah anda

9. Satu bulan kemudian bisa daftarkan lagi ke webmaster

Poin paling penting adalah No 2 usahakan posting unik, rutin minimal 2 hari sekali kemudian lakukan No 3, semakin rajin maka akan semakin  cepat kembali. Saya melihat hasilnya setelah 3 minggu, dan perlahan trafik kembali naik.

Semoga membantu, salam blogger

3 Responses to "Cara Mengatasi Trafik Blog yang Turun"

  1. pertanyaan pertama. waktu agan google dance kena blognya turun sampai berapa persen?
    pertanyaan ke dua kalau misalnya blog kita di hapus di webmaster apakah tidak apa-apa?

    BalasHapus
  2. ga apa2, aku dah nerapin
    tar kalo udah sebulan di daftar ulang ke webmaster lagi,

    BalasHapus
  3. Saya sudah nerapin langkah 1 sampai 8, tinggal langkah yang terakhir, hehehe.langkah yang ke 2 agak susah tuh nerapinnya di blog ane, Thanks gan atas informasinya.

    BalasHapus