Hati-Hati Mensubmit di Sosial Bookmarking

Sosial bookmarking selama ini sudah kita ketahui sangat membantu dalam menaikkan ranking blog kita mata search engine. Sosbook mempunyai kelebihan blog yang disubmit mendapat link satu arah dari sosbook tersebut. Namun, ternyata ada resiko, hati-hati mensubmit postingan di sosial bookmarking.

Ini terjadi pada sosial bookmarking Indonesia. Hal ini saya alami sendiri dari blog indo saya. Memang benar ketika kita mensubmit postingan bisa sangat cepat dapat visitor dari sosbook tersebut. Namun ternyata saya salah melakukan, yaitu melakukan banyak submit postingan. Apa yang terjadi, selama 2 minggu visitor naik 2 kali lipat, namun setelah itu visistor langsung terjun bebas menjadi belasanyang awalnya ratusan. 

Kena google dance, karena postingan masih ke indek semua. Lalu saya coba mengetikkan setiap judul postingan ke serach google. Apa Yang terjadi? bukan url postinganku yang muncul di page 1-5, melainkan situs sosbook yang saya submit tadi yang muncu. Iya walaupun nanti dari sosbook tersebut juga menuju ke blog ku, namun tetap aja menyakitkan, kenapa postingan yang susah-susah saya buat malah di ambil alih posisnya di page 1 Google.

Secara analisis itu sangat mungkin, karena sosbook tersebut mempunyai PR yang lebih tinggi dari blog saya. Nah, kan ketika melalakukan submit artikel kita sama dengan kita taruh di sosbook tersebut dengan link blog kita. Jadi bisa saja google mengangap ada dua kesamaan, lalu mana yang di taruh page 1? jelaslah yang PR nya lebih tinggi.

Kesimpulannya apa? submit ke sosbook itu benar dan  bagus, namun artikelnya jangan banyak-banyak, cukup 3-5 biji saja. Kita hanya mencari one way link dari sosbook tersebut, bukan mencari visitor, visitor tetap lebih mantab dari google, yahoo atau bing. Menyakitkan bukan, jika artikel kita di page 1 diambil alih oleh situs lain, terutama konten Indonesia. 

Bagaimana Kalo Sumbit ke Sosbook Luar
Selama ini hampir setiapblog saya submit, seperti zimbio, technorati, bloggers, blogtopsite dll yang ber PR 3 ke atas

Pertama, jika blog Indo di submit ke sosbook luar tidak ada masalah. sangat bagus Kita akan mendapat one way link. Logikanya, konten Indo otomatis kebanyakan akan muncul di page google.co.id dengan bahasa Indonesia, sedangkan sosbook luar berbahasa Inggris, ajadi kemungkinan yang akan muncul sesuai keyword di google bahasa Indonesia adalah blog indo kita.

Kedua, jika blog Inggris, juga sangat bagus melakukan bookmarking, selama ini blog aman-aman saja tidak mengalami dance. Anda tahu kan sosbook seperti bloggers, zimbio akan melakukan submit otomatis setiap postingan ketia kita sudah mensubmit url blog dan memasang wiidget nya. Nyatanya samapai sekarang visitor tetep dari google bukan dari sosbook tersebut. Logikanya, jikalau visitor didapat dari sosbook tersebut, juga tidak masalah, karena persaingan jenis konten luar lebih sulit di page one google

2 Responses to "Hati-Hati Mensubmit di Sosial Bookmarking"

  1. iya mau submit juga harus hati-hati neh , kalo kasusnya kita submit tapi kita gunakan judul dan deskripsi yang berbeda .. kemungkinan akan baik2 saja. Karena saya melakukannya seperti itu untuk menghindari seperti yang dijelaskan di atas..

    BalasHapus
  2. wa baru tau ane... bisa ni di ambil hikmahnya..
    berarti sosbook selain memberi efek kejut juga ada efek sampingnya ya...
    mesti lebih bijak submit ke sna
    good info gan

    BalasHapus