Manfaat Buah Pisang untuk Diet


Banyak penelitian dan ungkapan tentang manfaat buah pisang untuk diet sudah dipercayai, bahkan juga menjadi camilan untuk program fitnes. Pisang dipercaya cocok bagi yang sedang melakukan diet. Hal ini karena pisang merupakan salah satu buah yang paling mudah dimakan, mempunyai tekstur yang lemut dan lunak yang disukai dari berbagai usia, apalagi nutrisi pisang yang baik bagi kesehatan. 
Apa manfaat pisang baik untuk diet?

Salah satu teori yang terpopular mengatakan pisang dapat membantu melangsingkan tubuh karena mengandung sejumlah besar karbohidrat tak larut yang disebut sebagai ‘resistant starch’. Resistant starch inilah yang diklaim dapat membantu pengelolaan berat badan, karena dapat memicu pembakaran lemak dan menimbulkan efek mengenyangkan.

Nutrisi pisang untuk diet dan fitnes

truktur pisang yang lembut dan mushy membuatnya mudah dicerna dan diserap tubuh. Seperlima dari bagian pisang yang bisa dimakan adalah karbohidrat, yang secara perlahan-lahan berubah menjadi gula sederhana ketika pisang tersebut matang2. Dari total karbohidrat yang dikandung pisang, 20%-nya merupakan glukosa3. Kandungan glukosanya yang kaya tentu cocok digunakan untuk memberi makan otot yang lelah sehabis fitnes atau berolahraga. Selain itu, 20% dari total karbohidrat dalam pisang adalah fruktosa3. Gula sederhana ini unik karena membutuhkan waktu lebih lama untuk diproses tubuh, sehingga cocok dikonsumsi untuk energy ekstra saat berolahraga.

Bonus bagi Anda para pecinta pisang, buah yang satu ini juga mampu membuat anda tetap aktif. Kandungan Vitamin B6 dan Vitamin C-nya bekerja sama dalam menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Vitamin B6 yang dikandung buah ini juga membantu proses metabolisme protein. Tips bagi Anda yang ingin mengonsumsinya, ada baiknya pisang dikonsumsi saat matang (ketika kulitnya kuning dan muai ada bintik-bintik coklat), karena pada saat itulah kandungan antioksidan pada pisang paling tinggi5. Alternatif yang baik untuk isi tenaga saat fitnes, bukan?

Kesimpulan tentang manfaat buah pisang

Pisang adalah salah satu buah yang tepat ketika anda melakukan program diet atau fitnes. Namun dalam usaha menurunkan  berat badan harus dilakukan olahraga secar teratur dan menjaga pola makan, ya bukan berarti makan pisang saja bisa  menjadikan langsing. Bagaimana jika tidak diet dan tidak fitnes, tentu saja lebih bagus untuk buah sehari-hari.

 Coba mulai program diet dengan - Menu Diet Sehat

1 Response to "Manfaat Buah Pisang untuk Diet"

  1. terimakasih informasinya yang sangat bermanfaat.

    BalasHapus