Mengapa Trafik Blog Tiba-Tiba Turun Drastis

Trafik blog menurun menjadi masalah yang mungkin banyak dialami para blogger, juga dialami admin mancing info. Banyak yang menyebut mengapa tiba-tiba trafik blog menurun? mungkin karena dihukum google dance. Hal itu saya alami pada blog peduli masalah motor. Pusing juga sampai lebih dari 3 bulan blog tak kunjung sembuh.Karena itu aku sharing info mengapa trafik blog tiba-tiba turun drastis.Sedikit cerita, atau sedikit curhat

Peduli motor adalah inspirasi awal saya memasuki dunia blogging, tentu saja itu menjadi bog kesayangan. Dengan itu juga aku belajar dari awal, posting yang baik, seo, theme dll. Hari-demi hari visitor terus meningkat. Pada bulan ke 4 aku seneng banget kerena visitor bisa tembus 250 /per day dengan 70 postingan. Tapi pada bulan ke 6 tiba-tiba pedulimotor visitor turun menjadi 70 uv, 45, dan sekarang hanya 10-25 an uv per day. Mengapa visitor tiba-tiba turun? ini analisa aku sendiri

1. Ketika mencoba menuliskan judul postingan saya di search google, sering muncul blog orang lain dengan judul yang sama. Ketika saya buka dan memang itu postinganku yang tak dicantumkan link sumber blog aku. Artinya konten ku banyak yang dikopas.
Ini munkin karena terjadi duplikat konten, yang ketahuan google robot yang menyebabkan dihukumnya blog pedulimotor.

2. Terjadi broken link dengan url yang aku submit di sosbook lokal. Ketahuannya ketika aku tuliskan judul blog ku, malah link di sosbook tersebut yang banyak muncul. Saya telusur sampai page 10 pun url blog aku tak tercantum di google. 
Apakah mungkin ini karena sosbook tersebut mempunyai pagerank yang lebih tinggi? kurang tahu juga.

3. Kebanyakan mengatakan bahwa google dance disebabkan oleh konten kopas. Aku kalau kopas pasti saya cantumkan sumber dan lebih sering menulis kembali artikel dari sumber yang terkait, dari jelas tidak murni kopas.

4. Jika konten banyak yang kopas murni tanpa mencantumkan link sumber, jelaslah penyebab google dance, bisa-bisa malah deindek.

Sekarang pedulimotor trafiknya sudah kembali normal 200 am uv per day dan masih naik terus jika rajin posting. Ini formula saya menymbuhakan masalah trafik turun

6 Responses to "Mengapa Trafik Blog Tiba-Tiba Turun Drastis"

  1. we in the same boat, alam strike kejadian yang sama menimpa blogku juga, keep update bro

    BalasHapus
  2. wah sama gan....
    Punya saya juga kenapa berkurang trafiknya?
    atau mungkin karena saya mengganti Author nya ya?

    BalasHapus
  3. ane juga ni gan, parah artikel ane banyak dicopas orang, gmn caranya ya agar tidak bisa artikel kita dicopas orang, udah posting cape2 eh malah dicopas

    BalasHapus
  4. Memang saat ini banyak sekali para copaser yang tanpa menghargai jasa sumbernya, yah akibatnya trafik kita yang menurun.

    BalasHapus
  5. JUST SHARING
    Panik sama trafik blog mendadak terjun bebas? padahal ga ada yang di otak-atik?
    aku mau kasih pencerahan singkat, jelas, dan padat

    Penyebabnya ada 2 hal nih..
    1. Blog keciduk Sandbox google (tanya mbah google klo blum tau)
    2. Blog menjadi target operasi blog AGC (tanya mbah google klo blum tau)

    jika blog kamu masuk di kategori penyebab no 1 yah wasalam aja.. tapi klo blog kamu masuk di kategori no 2 penyebabnya.. kabar baik untuk kamu!

    Solusinya
    1. Istirahat buat artikel minimal 3 Hari
    2. Jangan pernah merubah sedikitpun script HTML blog
    3. Laporan Blog AGC kepihak berwenang

    Setelah 3 hari pensi buar artikel
    1. Resubmit / submit ulang sitemap
    2. Submit blog sebanyak mungkin ke berbagai search engine (contoh: submitstart.com)
    3. Ping blog kamu sebanyak mungkin ke berbagai layanan Ping Services (contoh: googleping.com)
    4. Sekiranya udah melakukan point 2 dan 3 diatas selang waktu 6 jam kemudian barulah buat artikel

    BalasHapus