-

Jurusan Kuliah Paling Diminati di Indonesia

Mengetahui terlebih dulu  jurusan kuliah yang paling diminati mungkin dapat memberi gambaran mana yang akan kita pilih. Jurusan kuliah yang sangat banyak programnya di setiap Perguruan Tinggi. Setiap siswa yang ingin melanjutkan kuliah biasanya mempunyai jurusan favorit yang diinginkan. Selain itu membaca jurusan yang paling diminati dapat membantu memprediksi saingan ujian masuk perguruan tinggi (SBMPTN).

Daftar jurusan kuliah paling diminati di Indonesia

1. Pendidikan
Terutama Pend keguruan mata pelajaran, seperti IPS, IPA, Matematika, Bahasa dsb, termasuk juga Pendidikan Keolahragaan. Tingkat persaingan akan semakin sulit, jika semakin sedikit Perguraun Tinggi yang membuka program studi tersebut. Grade persaingan Fakultas Ilmu kependidikan 1:20-30 (sedang)

2. Teknik
Biasanya siswa ilmu sains yang cukup cerdas selalu menginginkan melanjutkan di jurusan teknik. Persaingan lebih ketat kerena banyaknya siswa kerkompeten yang mendaftar kesana. Apalagi tidak banyak PTN/PTS yang membuka jurusan teknik. Grade persaingan jurusan teknik 1:40-50 (Sulit)

3. Teknologi Informatika
Abad 21 TI menjadi jurusan favorit para peminat di bidang IT. Persaingan cukup mudah karena cukup banyak PT yang membuka program studi ini. Grade persaingan 1:20 (Ringan)

4. Kedokteran
Hampir 50% siswa sains ingin melanjutkan studi  ke jurusan Kedokteran. Namun pada umumnya biayanya cukup  mahal. Jurusan Kedokteran bukan hanya bersaing pada kecerdasan tetapi juga dana uang masuknya. Grade persaingan 1:50 (sulit)

5. Kebidanan - Keperawatan
Jurusan kuliah ini yang paling disukai perempuan. Hampir 70% siswi ingin  melanjutkan studi ke jurusan keperawatan dan kebidanan. Untuk PTN persaingannya cukup sulit, namun banyak PT swasta yang membuka prodi kebidanan-keperawatan. Grade persaingan 1:30 (sedang)

6. Psikologi
Di Perguruan Tinggi Negeri seperti UGM dan Unair, Jurusan psikologi sangat diminati. Grade nya tinggi  dan persaingan lumayan sulit 1:30 (sedang). Namun banyak PT swasta yang  membuka jurusan psikologi sebagai alternatif jika ingin sekali masuk jurusan psikologi.

7. Ekonomi, Bisnis, Akuntansi
Ketiga jurusan ini satu tipe, favorit dari siswa ilmu sosial kedua prodi tersebut. Kabar dunia kerja di kantor tentang administrasi keuangan perusahaan. Persaingan cukup sulit karena banyak siswa cerdas yang menuju jurusan tersebut 1:30-40 (sulit)

Hampir semua jurusan diatas cukup sulit untuk menembus masuk Perguruan Tinggi Negri, terutama karena faktor peminat yang banyak. Sebenarnya passing grade (standar minimal nilai) hampir sama semua jurusan antara 40-55, namun yang lebih sulit adalah persaingan antar pendaftar.

NB: Grede persaingan 1:20 artinya, 1 orang yang diterima dari 20 pendaftar. Jadi jika ada 2000 pendaftar maka yang diterima adalah 100 orang.



Ditulis Oleh : Alifan Doflamingo ~

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Jurusan Kuliah Paling Diminati di Indonesia yang ditulis oleh Mancing Info yang berisi tentang :jurusan kuliah yang paling diminati mungkin dapat memberi gambaran jurusan favorit yang diinginkan di Perguruan Tinggi Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

1 komentar:

Back to top