Wisata Solo; Kraton Surakarta dan Pasar Klewer


Membicarakan tempat wisata di Kota Solo tak perlu diragukan lagi. Spirit of Java menawarkan berbagai objek wisata. Khusus wisata di daerah kota Solo, ada Kraton Solo dan  Pasar Klewer yang tidak pernah dilewati para wisatawan. 

Wisata Kraton Surakarta Hadiningrat 

Kraton atau yang kemudian lebih dikenal sebagai Kraton Kasunanan Surakarta telah berdiri sejak ratusan tahun lalu. Kraton ini adalah “penerus” dari Kerajaan Mataram Islam. Setelah berganti-ganti pusat pemerintahan mulai dari Kotagede, Pleret hingga Kartasura, pemberontakan kuning oleh etnis Tionghoa memaksa Mataram untuk memindahkan Kratonnya ke Desa Sala. Konflik internal dan campur tangan Belanda kemudian memaksa kerajaan ini pecah menjadi Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta pada tahun 1755 melalui perjanjian Giyanti.

Menjelajahi  isi Kraton Solo paling asik,  turis-turis paling suka ke sana, anda jelas akan melihat benda-benda bersejarah dan  model bangunan jaman Belanda. Nilai historis sebagai tempat wisata yang memberikan nilai-nilai pelajaran budaya.

Jadwal Buka Kraton Surakarta

Senin - Kamis pk 09.00 - 14.00 WIB
Sabtu - Minggu pk 09.00 - 13.00 WIB

Harga Tiket
Bangsal Pagelaran: Rp 2.500
Museum: Rp 8.000
Ijin kamera/video: Rp 3.500

Wisata Solo Pasar Klewer

Pasar tradisonal  yang tak kalah di zaman modern ya pasar Klewer ini. Pasar ini sudah mempunyainama di Indonesia juga mancanegara. Sekarang di sana paling banyak ditemui grosir batik yang murah-murahdan tentunya  jenis-jenis pakaian yang lain.
Belanja di pasar Klewer diutamakan untuk  grosir minimal 3 biji atau 1  lusin, jika belinya eceran harganya standar bahkan lebih mahal dari  harga toko. Tapi  terlanjur sudah masuk, tidak masalah mau membeli eceran untuk tanda bukti sudah berkunjung  ke pasar Klewer.

Masjid Agung Surakarta,  tempat ini memang tidak populer sebagai wisata di Solo, tetapi menjadi satu lingkup dengan  Kraton Surakarta dan pasar Klewer. Biasanya yang sering singgah keluarga dan ber isitirahat santai di Masjid Agung adalah wisata lokal.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama