Buah Indonesia yang Diekspor


Indonesia adalah negara tropis yang mempunyai banyak potensi buah-buahan yang tidak bisa tumbuh negara non tropis. Buah Indonesia mempunyai potensi besar nilai ekspor ke berbagai negara Asia, Eropa dan Amerika. Kelebihan iklim tropis yang menguntungkan bagi tanaman penmghasil buah eksotis. Pertanian menjadi sumber produk ekspor yang besar, buah menempati urutan kedua setelah ekspor tanaman industri seperti sawit, teh, kopi dan kakao. Beberapa buah Indonesia yang diekspor antara lain adalah

1. Mangga
Sebagai salah satu buah khas Indonesia, mangga sudah dikenal berasal dari negara Indonesia yang banyak disukai oleh orang luar. Permintaan hampir 7 ton per minggu yang sulit terpenuhi karena terkendala musim buah.

2. Salak
Ekspor salak terbesar adalah ke negara China yang sebagian besar pasokan berasal dari petani Sleman dan Magelang, yaitu jenis salak pondoh.

3. Pisang
Indonesia menempati antara urutan ke 4-5 sebagai negara penghasil buah pisang di dunia. Pisang adalah buah yang mewah di negara Jepang, Eropa dan Amerika

4. Nanas
Indonesia mengekspor nanas masih dalam jumlah yang kecil karena masih kesulitan dalam kualitas pasca panen. Lebih banyak diekspor dalam bentuk olahan nanas yang lebih bisa menjaga keawetan.

5. Nanas

Permintaan pepaya pasar lokal yang besar dan juga nilai ekspor yang menjanjikan terus meningkat dengan jenis-jenis pepaya unggul.

Terlebih hebat lagi buah diatas seperti pisang dan nanas adalah buah yang bagus untuk fitnes atau diet pola hidup sehat yang banyak dilakukan oleh orang di seluruh dunia.

Indonesia sebagai negara agraris yang kaya akan hasil pertanian mempunyai peluang yang sangat besar dalam ekspor produk pertanian. Tetapi kenyataannya ekspor produk pertanian masih menempati urutan kedua setelah ekspor produk industri. Berikut ini komoditas ekspor Indonesia 

0 Response to "Buah Indonesia yang Diekspor"

Posting Komentar