-

Komoditas Ekspor Indonesia

Komoditas ekspor Indonesia selama ini menjadi salah satu penyumbang devisa terbesar negara. Akhir-akhir ini kita sering mendengar maraknya impor berbagai macam komoditi yang kontroversial, terutama produk pertanian. Gimana negara bisa maju, jika mayoritas petani  malah mengandalkan impor. Sebut saja, daging, kedelai, beras dan pastinya produk otomotif dan elektronik. Sebenarnya komoditas ekspor Indonesia juga sangat banyak namun jarang diekspos. Berbagai macam komoditas dari negara ini anugrah Tuhan yang negara lain tidak punya.

10 komoditas ekspor unggulan Indonesia
  1. Tekstil dan produk tekstil 
  2. Karet dan produk karet
  3. Sawit dan produk sawit
  4. Hasil hutan
  5. Ikan dan udang
  6. Kopi
  7. Kakao
  8. Lada
  9. Minyak atsiri
  10. Kerajinan kayu
Fenomena komoditas ekspor Indonesia
Kemajuan industri Indonesia di pasar ekspor berasal  dari hasil hutan, pertanian dan kelautan, sebut saja karet, CPO, tekstil, teh, coklat dsb. Harus kita akui kemajuan industri di dukung oleh bahan baku yang selalu tersedia dari tanah agraris ini. Namun kebanyakan masih berkutat di jenis tanaman industri, komoditas tanaman pangan nasibnya masih tragis. Hortikultur (pisang, jeruk, melon) hampir kebanyakan impor kecuali buah khas Indonesia.

Semoga Indonesia lebih maju lagi untuk bergerak cerdas meningkatkan sektor ternak dan pertanian yang jelas-jelas sektor utama negara ini, mayoritas petani, peternak, dan nelayan. Jangan hanya mendukung orang atas saja (industri) yang banyakdi pegang orang asing, dan menindas para buruh.



Ditulis Oleh : Alifan Doflamingo ~

Anda sedang membaca artikel berjudul Komoditas Ekspor Indonesia yang ditulis oleh Mancing Info yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top