Perbandingan Processor Intel dan AMD

Memilih laptop atau komputer pertimbangkan prosesornya, ada 2 pilihan yang paling populer yaitu processor Intel dan AMD. Tujuannya optimal dalam penggunaan dan kecepatan kinerja , sedangkan keduanya memiliki ciri yang berbeda di titik harga yang sama. Mengulas perbandingan processor Intel dan AMD mana yang lebih baik, perlu ditinjau dulu budget dan tujuan penggunaan. Apakah  kelebihan dan kekurangan dari intel dan amd.

Beberapa latar belakang pemilihan processor Intel atau AMD:
  • Desain grafis corel dan photoshop lebih baik mana?
  • Untuk main game lebih baik  mana?

Kebutuhan 2 hal diatas sebenarnya tidak hanya ditinjau dari processor, malah yang utama VGA dan RAM, semakin bagus VGA dan RAM maka kebutuhan untuk desain dan game, jadi lihat spec keduanya. Namun processor juga dapat menjadi pertimbangan di kala ada pilihan yang sama untuk spec VGA dan Ram. Di sini banyak yang mengakui jika untuk game lebih bagus pilih AMD daripada intel. Tapi jika untuk desain corel dan photoshop Intel Core i lebih bagus.

Banyak sekali processor Intel,vmulai dari intel atom untuk netbook, intel  inside, core i dst. Sedangkan AMD masih sedikit dibanding intel, AMD duron, K5, Athlon dst. Kadang menjadi bingung, saat ada 2 pilihan laptop relatif sama tetapi beda processor antara Intel dan AMD.

Advanced Micro Devices (AMD) dan Intel adalah dua perusahaan yang memproduksi motherboard dan central processing unit (CPU) komputer pribadi (PC). CPU atau prosesor merupakan bagian terpenting dari komputer karena segala perhitungan untuk menjalankan berbagai program terjadi disana. Kecepatan CPU dalam memproses perhitungan umumnya dinyatakan dalam megahertz (MHz) atau gigahertz (GHz).

Perbandingan Intel dan AMD

- Perbedaan paling terlihat adalah bahwa harga AMD cenderung lebih murah dibanding Intel.

- Untuk kebutuhan multimedia seperti video, Microsoft office, sound, intel mungkin lebih baik daripada AMD. Mempunyai daya tahan yang kuat alias jarang error, cocok untuk kerja kantoran

- Untuk kebutuhan game, 3D dan internet dengan spec ram kecil, AMD diakui lebih baik daripada intel

disimpulkan, jika bertujuan untuk mendapatkan kulitas 3D game yang bagus dengan harga lebih murah, pilih AMD, dengan perbandingan ram yang sama, karena ram sangat mempengaruhi kecepatna dan grafik terutama untuk game. Tapi jika untuk kerja harian, office, corel, video, pilih Intel karena lebih suport grafiknya untuk multimedia. Selain itu juga pertimbangan harga, Intel lebih mahal tentunya juga lebih bagus.

Misalkan ada dua pilihan Intel inside ram 4G, dan AMD Ati Rhodeon 2G, tetap lebih bagus intel inside 4G dan harganya juga akan lebih mahal.
Untuk spesifikasi komputer ketahui juga Perbandingan VGA Nvidia dan Ati Rhodeon

3 Responses to " Perbandingan Processor Intel dan AMD"

  1. Gan sy pnya lptop procie AMD ati rhodeon 2G..cepet lelet knp y... ?

    BalasHapus
  2. ga tahu gan, punya ane juga Acer AMD ati rhodeon 2G, engga tuh

    BalasHapus
  3. Menurut saya yang jelas sekarang tuh harga menentukan kualitas. Walau VGA terbaru kalo tidak diimbangi dengan processor quadcore ya sama aja dengan "bottle neck" atau leher botol.. btw makasih udah share mas Admin :)
    Harga Processor Intel 2014
    Harga Processor AMD 2014

    BalasHapus