Perbandingan VGA Nvidia dan Ati Rhodeon

Perbandingan VGA Ati Rhodeon vs Nvidia Geforce spesifikasi untuk desain progaming atau game pasti menjadi pertimbangan. Siapapun pasti tahu keduanya di build untuk memanjakan pecinta game. Bahkan Nvidia sampai menggandeng developers game supaya mengkhususkan game tersebut bagus grapiknya hanya untuk VGA Nvidia. Tahun 2012 Ati Rhodeon muncul kembali mengusik kejayaan Nvidia, nah bagaimana perbandingan VGA Nvidia dan Ati Rhodeon, temukan mana yang lebih bagus, kelebihan dan  kekurangannya.
VGA Nvidia dan Ati Rhodeon
Masalahnya kan ada di produkyang berada di perpotongan pasar itu tadi.simplenya, kalau mau VGA murah lebih ke ATI, dan kalau mau VGA mahal lebih kuat plih Nvidia. kalau VGA tengah? nah, produk tengah-tengah ini, buat ATI adalah produk high-endnya mereka. Sedang buat Nvidia baru produk mid-endnya(seri 98).

Kelebihan VGA Nvidia
Sebagai produsen chip grafis no.1, Nvidia memiliki segudang uang untuk menjalin kerjasama para programmer & game developer. Dengan begitu game buatan mereka akan berpihak ke kubu Nvidia. Atau dengan kata lain kualitas gambar game tersebut akan menjadi lebih buruk bila dijalankan pada videocard ATI. Nvidia cukup serius dalam menjalankan strategi konspirasi ini. Bahkan mereka mempropagandakan strategi ini sebagai TWIMTBP (The Way It's Meant To Be Played).

Bila sebuah game menyandang logo TWIMTBP, berarti game tersebut dibuat dengan campur tangan Nvidia di dalamnya, dan sudah dipastikan kualitas gambar / kinerja terbaik hanya akan didapat bila menggunakan videocard Nvidia. Secara logika saja, tentu mustahil bila sebuah game yang disponsori Nvidia ternyata tampilannya sama baiknya bila menggunakan ATI.

Kelebihan Ati Rhodeon
ATI punya eyefiniti, HD3D, APP. Sedangkan untuk Nvidia punya stereoscopic (harus SLI), Physx, CUDA, 3D surround. Kemudian untuk Kelemahan ATI yaitu tidak support physx, dan Kelemahan nvidia adalah lbh boros listrik, kalo mau streoscopic harus SLI. Mobo certified SLI lbh mahal dari mobo support CF. nah sekarang saya jelaskan istilah2 grafis yang dimiliki kedua vga tersebut.

Eyefinity adalah adalah teknologi ati radeon yg memungkinkan sebuah VGA dipasangkan 6 monitor karena memiliki 6 port dvi. Contoh vga yg memiliki teknologi itu yaitu HD5870 Eyefinity Edition. Jadi kalo misal main NFS, layarnya lebih lebar karena bisa digabungkan dengan 6 LCD sekaligus.

Teknologi ini memungkinkan GPU, processor yang tertanam dalam VGA untuk membantu CPU dalam kalkulasi pemrosesan data. Hal ini tentu saja mempercepat kinerja komputer secara keseluruhan. CUDA, yang bekerja pada bahasa pemrograman C memang dirancang untuk memaksimalkan kinerja GPU untuk memecahkan kompleksitas yang terdapat pada proses kumputasi. Teknologi ini memaksimalkan proses pengolahan gambar, video, rendering 3D, dan lain sebagainya. Dengan CUDA, encoding sebuah video dapat dijalankan lebih cepat.

2 sampel produk yg akan diperbadingkan dgn VGA lain yg selevel 

AMD radeon 6790
Performance compare:
“Performance is superior to the NVIDIA GTX 550 Ti and Radeon HD 5770, less powerful than the Radeon HD 6850 and close to the GTX 460 768MB and Radeon HD 5830.” (source: wiki)
Price compare: NVIDIA GTX 550 Ti and GTX 460, same VGA card brand @rakitan.com)
- Digital Alliance HD 6790 1Gb 256Bit DDR5 Ati Radeon PCI Exp. Rp.1.270.000
- Digital Alliance GTX 550 Ti Sonic 1024Mb 192Bit DDR5 NVidia PCI Exp. Rp.1.398.000
- Digital Alliance GTX 460 Green 768Mb 192Bit DDR5 NVidia PCI Exp. Rp.1.537.000

Jadi ternyata dgn harga yg lbih murah (AMD Radeon 6790) kita dpt kualitas yg lbih bgus dibanding yg lbih mahal GTX 550.

Dari perbandingan pertama tadi ga brarti AMD radeon lbih bagus, karen stiap versi punya kmampuan berbeda dan harga pun beda. jadi stiap sampel produk yg dijadikan sampel beda, hasilnya jg akan beda. Tentunya produk yg di compare harus seimbang performancenya.

Sampelnya yaitu HD 6870 yg akan dicompare dgnGTX 560:
Performance compare:
“GTX 560 are slightly faster than the Radeon 6870″ (source: wiki)
Price compare:
- Digital Alliance GTX 560 1024Mb 256Bit DDR5 NVidia PCI Exp. Rp. 1.807.000
- Digital Alliance HD 6870 1Gb 256Bit DDR5 Ati Radeon PCI Exp. Rp. 1.949.000

Kesimpulan
Antara Nvidia vs Ati Rhodeon kenbanyakan pihak mengaku memilih Nvidia karena lebih lama berkiprah dan mampu menghadapi pesaing sampai saat ini. Sebetulnya kedunya udah sama-sama kuat mengingat sekarang banyak laptop-laptop yang di fusion processor AmD dan VGA Ati Rhodeon meraih pasar gamers yang bagus di enrti level.
Untuk spesifikasi komputer yang bagus lihat juga  Perbandingan Processor Intel dan AMD

0 Response to "Perbandingan VGA Nvidia dan Ati Rhodeon"

Posting Komentar