Kelebihan dan Manfaat Buah Pisang

Manfaat buah pisang sangat banyak dan sangat bagus dikonsumsi, buah ini adalah salah satu buah favorit di seluruh negara. Anda pasti tahu, pisang identik dengan kegiatan fitness, diet dan itulah salah satu kelebihan. buah yang sangat mudah ditemukan di negara tercinta Indonesia, dari desa sampai kota. Mari simak kelebihan dan manfaat buah pisang sebagai buah sehat sehari-hari.

Kelebihan dari buah pisang
  • Tekstur yang lembut, rasanya yang lunak tidak asam, cocok untuk menu sehat balita
  • Buah Pisang merupakan sumber yang sangat kaya fructooligosaccharide, suatu senyawa yang memelihara probiotik (ramah) bakteri dalam usus besar. 
  • Menjadi menu makanan olahan yang digemari di masayrakat, untuk tambahan pudding, sale. kripik dll
Manfaat pisang untuk kesehatan

Sumber kalium terbaik
Makan pisang adalah cara termudah untuk tubuh kita memeroleh kecukupan potasium. Kandungan potasium pada pisang memberikan efek menenangkan pada pikiran yang sedang suntuk. Tingkat stres yang tinggi cenderung akan menguras kadar potasium dalam tubuh manusia. Dengan makan pisang, kita dapat membantu menjaga keseimbangan potasium dalam tubuh yang disebabkan stres.

Zat Nutrisi yang menurunkan depresi. 
Pisang mengandung potasium, yaitu mineral vital yang membantu menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan kadar air dalam tubuh. Ketika mengalami stress atau depresi, metabolisme tubuh akan meningkat drastis sehingga mengurangi kadar potasium tubuh. Dengan pisang, potasium dalam tubuh kadarnya akan seimbang. 

Membantu penderita sakit maag
Sebagai buah yang dapat dikonsumsi langsung, pisang tak membuat iritasi atau kerusakan usus bagi penderita maag. Buah ini sering digunakan untuk melawan penyakit usus, sebab teksturnya lembut. 

Meningkatkan fungsi ginjal
Potasium pada pisang memiliki efek samping yang baik bagi ginjal. Ketika tubuh Anda mendapatkan cukup potasium, tubuh akan mengontrol pengeluaran kalsium dalam urin. Kondisi ini akan membuat ginjal Anda tetap berfungsi baik, di samping juga mengurangi risiko batu ginjal. Perlu diketahui bahwa pisang memiliki tingkat senyawa fenolik antioksidan yang tinggi, yang berperan membantu melindungi ginjal.

Menurunkan tekanan darah
Dokter sering menganjurkan pasien dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) untuk menambahkan lebih banyak pisang kedalam diet mereka. Mengapa? Karena kadar kalium yang tinggi dan sodium yang rendah dalam pisang merupakan kombinasi yang bagus untuk mencegah tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko stroke.

Pisang untuk penderita anemia. 
Pisang relatif tinggi zat besi, yang membantu produksi hemoglobin dalam darah bagi penderita anemia tubuh.Dua buah pisang sehari, sangat baik untuk penderita anemia. 

Menyehatkan pengelihatan
Makan pisang setiap hari dapat memberikan manfaat besar bagi penglihatan. Makan sedikitnya tiga porsi buah per hari dapat menurunkan resiko gangguan pengelihatan yang terkait dengan usia atau biasa disebut degenerasi makula. Seseorang yang mengonsumsi tiga atau lebih porsi buah per hari 36 persen lebih rendah untuk menderita degenerasi makula daripada mereka yang mengkonsumsi kurang dari 1,5 porsi sehari. 

Buah pisang  untuk ibu hamil

Wanita yang tengah hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang, karena mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadi cacat bawaan. 

Sebuah pisang matang, akan mengandung sekitar 85-100 kalori. Sehingga dengan memakan dua pisang segar, kebutuhan asam folat yang sekitar 58 mikrogram dapat terpenuhi. Di samping itu pisang akan membantu menjaga kadar gula darah yang dapat mengurangi morning sick, sehingga pisang sangat baik untuk cemilan ibu hamil.

Nah ini banyak sekali khasiat manfaat buah pisang yang di anugrahkan Tuhan kepada kita semua. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama