Step by Step Membangun Blogspot

Langkah membangun blog dengan blogspot seperti yang telah saya lakukan ternyata ada caranya. Terutama jika bertujuan sebagai blog monetizer, target utama tentunya adalah visitor. Berikut step by step membangun blogspot dari hasil yang saya pelajari selama ini. Maaf saya sebenarnya masih sangat pemula, blog ini pun belum mempunyai visitor ribuan par harinya.

Di sini bukan  cara membuat blog di blogspot, tapi "membangun". Untuk panduan membuat: Panduan Membuat Blog di Blogger

Dasar-dasar Blogging
  1. Rencana
  2. Nama blog
  3. Konten
  4. Posting
  5. Template
  6. Indek
  7. Optimasi

1. Rencana
Meliputi tema blog yang anda targetkan, target umur visitor dan bulan pertama mendapat berapa visitor. Jika pertama kali mencoba membuat blog, pilihlah tema yang anda suka dan kuasai, misal tentang hobi motor.

2. URL dan Nama blog
Pilihlah URL (mancinginfo.blogspot.com) dan nama blog yang anda sukai atau sesuai dengan tema yang anda tentukan. Misalakan anda suka motor, pilh nama blog seperti pedu limotor, sahabat motor, dapur-motor dll. URL jangan lebih dari 3 kata, sebaiknya 2 kata saja. 

3. Konten 
Konten  adalah isi dari blog tersebut, ada tulisan, gambar juga video. Mungkin pertama kali membuat agak susah menulis konten sendiri. Coba carilah refensi dari blog orang lalu anda edit dengan bahasa sendiri, jika dari awal malas menulis, tidak usah diteruskan membuat blog.

Kopi paste boleh saja dengan frekuensi 5:1, 4 buatan sendiri, 1 hasil kopi paste. Bagaimana etika kopi paste silahklan dibaca di sini.

4. Posting
Hari pertama cukup buat 1-2 post saja (sangat baik jika itu fresh tulisan sendiri). 2 atau 3 hari kedepan baru di tambah 2-3 post. 

Gunanya apa? 
Indek google, indek adalah terdaftarnya blog dan post di search google. Indek google tidak instan, untuk blog baru bisa 3-10 hari baru terindek, karena robot google belum kenal  dengan blog baru anda.

Bulan pertama sudah dapat 15-30 postingan sudah bagus. Di bulan ke-2 mulai bisa posting setiap hari 1-5 post per hari. Maksimal berapa? 15 post, itupun jangan satu waktu, karena terlalu banyak bisa dianggap blog spam oleh google, nantinya blog bisa di depak atau di hapus oleh google.

5. Template
Bagi saya template masih  misterius, karena harus menguasai html, saya sendiri  4-5 bulan belajar html otodidak baru sedikit tahu. Paling tidak anda bisa memilih atau mencari template blogger yang enak di pandang mata. 

Untuk mendesain template saya sarankan pada minggu ke-2, menunggu blog terindek terlebih dahulu. Awalnya pakai tempalet bawaan blogger saja dulu.

6. Indek
Ini hal yang paling penting sebagai pemilik blog monetizer manarget visitor. Karena tanpa indek  di search engine, ga bakal ada orang kesasar ke blog anda jika tidak anda arahkan sendiri.

Tenang saja, setelah blog berumur sebulan, minimal 3 hari sekali posting, pasti udah gampang terindek kog. Apalagi kalau setiap hari posting, 2-5 menit pasti terindek. Robot google tidak lupa absensi blog yang rutin posting, Alhamdulillah blog saya 2-5 menit pasti  terindek.

7. Optimasi
Blog tanpa optimasi ibaratnya, seperti sayur tanpa bumbu. Ibaratnya begini, blog yang di optimasi punya 1 posting visitornya 10, tapi blog tanpa optimasi, punya 10 postingan visitornya cuma 1.

Apa tujuan optimasi
Page 1 google, pikirkan jika anda mencari sesuatu di google pasti yang dibuka pertama adalah judul urutan 1-10 di page 1 google, paling banter buka page 5.

Nah, ketika anda membuat postingan misal "Manfaat madu bagi kesehatan" mungkin ada 100 atau ribuan posting tentang hal itu, jadi ada persaingan memperoleh posisi google page one.

Ya.! optimasi bagian yang paling rumit dan perlu dipelajari dan dipraktekkan berbulan-bulan, ga cukup semingggu atau 2 minggu. Banyak sekali bagian dari optimasi blog, apalagi sampai mempelajari algoritma google.

Jika ingin sedikit belajar silahkan buka di menu navigasi atas Intenet - SEO atau di 5 Cara Pasti Menaikan Visitor Blog.

0 Response to "Step by Step Membangun Blogspot"

Posting Komentar