Mari Ber Tata Krama di dunia Blogging

Oke... saya mengajak mari  kita ber tata krama dalam  hal copy paste di dunia bloggingPada kasus di dunia blogging adalah tulisan menjadi kreasi yang dituangkan di dalam sebuah blog. Sudah menjadi anggapan umum bahwa copy paste tanpa mencantumkan sumber/link adalah hal wajar. Ya.! satu perbuat salah yang dianggap biasa.

Siapapun anda yang membaca ini tentu paham maksudnya, coba ingat ketika anda menemukan sebuah blog yang berisikan full tulisan  anda tanpa mencantumkan sumbernya. "Ah biasa kayak gitu.." mungkin begitu jawab anda, tapi lain kata hati tidak mungkin iklas, se iklas buang air besar.

Apalagi ketika di Search Google dengan judul bersangkutan yang muncul adalah blog si copas bukan blog anda,  nah lo..? masih ga dongkol juga..?

Nah itulah yang kemudian menjadikan rasa dendam dan  menjadikan kut-ikutan copas (berpikir google ga adil mengapa si copaser malah ada di page 1 sedang tulisan asliku tidak, ah percuma saja susah-susah menulis mending ikut-ikutan copas) karena saya juga mengalami pikiran seperti itu.

Aturan google  untuk setiap tulisan hasil copy paste, adalah dengan mencantumkan link sumber. Dengan mencantumkan link  nantinya akan memberi sebuah reputasi dari sumber yang di  kopas. Jika di pemilik tulisan tahu pun juga senang alias tidak emosi (wuanjriit tulisanku di kopas ga cantumin link..!)

Bagaimana jika tulisan  di edit?
Hitung berapapersen ediatnya jika masih lbih dari 70& wajib cantumkan link. Jika hasil kopas di bawah 60% sudah tidak perlu cantumin link karena content sudah berbeda di robot google.

Jika tulisan hasil kopas sekitar 70% masih kopas saya biasanya menuliskan sumber tanpa nge link misal kayak gini Takutnya jika dilink justru menyebabkan eror link di robot google, terlalu banyak outbond link yang tidak berkaitan bisa buruk di  mata search engine.

Nah, jika anda seorang blogger mari budayakan cantumkan sumber contohlah terselubung.blogspot.com. Semoga ketika kita bertata krama yang baik maka orang lain melakukanhal yang baik pada kita.

Hidup blogger..... keep posting,keep sharing, keep linking, Not spaming 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama