Manfaat Membawakan Bekal Anak ke Sekolah

Membawakan bekal makanan atau jajanan anak ke sekolah saat ini sudah menjadi umum di sekolah TK dan SD. Bahkan sudah banyak sekolah dasar yang mewajibkan anak membawa bekal setiap hari tertentu, bahkan setiap hari. Banyak manfaat membawakan bekal anak ke sekolah. Bagi orang tua hal ini jangan menjadi beban, atau malah lebih suka jika anak jajan di sekolah tanpa repot-repot membawa bekal dari rumah. Perlu anda ketahui banyak manfaat antara lain

Bekal Anak ke Sekolah

Membiasakan anak menyukai masakan ibu
Sebaiknya bekal disiapkan oleh ibu, pada kenyataanya sekarang lebih banyak yang menyerahkan tugas ini kepada pembantu rumah tangga, dan ibu lebih sibuk dengan pekerjaannya. Jika anda lihat iklan-iklan di tv tentu disana menunjukkan seorang ibu yang menyiapkan bekal untuk anaknya ke sekolah .

Mendidik anak mencintai ibunya
Meskipun sederhana, massa anak-anak adalah masa paling berharga dimana dia mulai mempelajari sesuatu. Di sini tentu saja adalah kasih sayang, melalui masakan yang dia kenal dari ibu pada waktu kecil, kelak saat dewasa dia akan sering teringat masakan ibunya.

Mengatur asupan gizi anak
Tentu saja orang tua harus peka dengan asupan gizi anak. Anak kecil pada umumnya pasti suka makanan sejenis mie, telur, nuget dan jenis-jenis jajanan yang kurang sehat jika terbiasa. Dari sini bisa dimulai membawakan bekal makanan yang bervariasi dan sehat.

Mendidik anak untuk menabung
Jangan mengurangi uang jajan anak ketika sudah membawakan bekal dengan anggapan uang jajan dikurangi bekal, ini membuat dia tidak suka. Ajari dia untuk menyisihkan uang jajannya karena sudah membawa bekal. Ini juga mengajarkan bahwa makan di rumah itu lebih hemat.

Membuat anak mengenal makanan sehat
Jika bisa, coba jelaskan apa kandungan gizi dan makanan yang anda berikan, ini bisa juga pada saat makan bersama dirumah. Misal jenis sayur dan ikan mengandung vitamin D yang baik untuk pertumbuhan.

Berikut ini contoh menu bekal sekolah anak yang mungkin bisa dicoba

0 Response to " Manfaat Membawakan Bekal Anak ke Sekolah"

Posting Komentar