Manfaat Renang Sejak Usia Bayi Balita

Berenang ternyata menjadi olahraga yang banyak disukai anak-anak namun juga yang takut karena tidak bisa sampai dewasa sekalipun. Bisa dikatakan renang adalah olahraga paling asik dibanding olahraga lainnya, selain itu juga banyak manfaat untuk kesehatan. Banyak manfaat renang sejak usia bayi balita sehingga baik jika segera dikenalkan oleh orang tuanya. secara psikologi anak-anak akan lebih merasa senang bermain air di kolam renang.

Pada umumnya anak kecil suka jika melihat air dan suka bermain, buktinya banyak taman kanak-kanak, playgroup dan sekolah dasar yang rutin berwisata ke kolam renang. Anak-anak yang tinggalnya di daerah pegunungan mereka bisa berenang di sungai yang jernih, atau mereka yang tingal di pantai terbiasa berenang bahkan menyelam di laut.

Bermanfaat bagi perkembangan dan pertumbuhan anak

Bagi anak bayi atau balita bermain air, bayi mengembangkan otot, sendi tumbuh, pertumbuhan tubuh yang optimal meningkat, dan tubuh pun jadi lentur. Semua komponen tubuh akan dilatih melalui renang untuk seluruh tubuh dari kaki, tangan, sampai kepala. Meskipun bukan teknik yang sempurna, bayi menjadi terlatih dan daya tahan tubuhnya pun lebih terjaga.

Bermanfaat terhadap kecerdasan anak
Sebuah studi di Jerman menyatakan bahwa bayi kereta untuk berenang sejak usia dini sangat berguna tidak hanya pada pembangunan fisik, tetapi kemampuan untuk berkonsentrasi dan kecerdasan otak mereka saat mereka memasuki usia TK. Penelitian ini juga menyatakan bahwa seorang anak yang telah berlatih sejak usia dini, tidak hanya memiliki potensi untuk menjadi anak berbakat, tetapi juga lebih mandiri dan percaya diri, dan mengungkapkan kecerdasan yang lebih tinggi daripada anak yang tidak dilatih.

Berapa usia yang baik bayi bisa dikenalkan berenang? menurut fakta dari orang-orang luar negeri sudah mengenalkan bayi usia 8-10 bulan atau diatas 1 tahun dengan pengawasan dari orang tua. Pada awalnya gunakan pelampung untuk anak, selanjutnya usahakan si anak bisa berenang sendiri. Baca apa saja manfaat renang untuk kesehatan

0 Response to " Manfaat Renang Sejak Usia Bayi Balita"

Posting Komentar