Varian Menu Makanan Pendamping ASI

Makanan Pendamping ASI
Bayi usia 6 bulan lebih bisanya mulai ditambah diberi varian menu makanan pendamping asi / mapsi.. Anak sudah bisa diberi vasriasi makan yang berasal dari sayur, buah, daging dan nasi yang dibuat dibuat bubur. Ingat pemberian ASI eklsusive kepada bayi hingga bayi mencapai usia 6 bulan, artinya selama 6 bulan bayi tidak perlu memerlukan tambahan pendamping untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. barulah ketika sudah 6 lebih bisa 

Supaya aman dan baik dalam pengenalan makanan, haruslah dilkukan bertahab, mulai dari tekstur dan jumlah. Berilah yang lembut seperti bubur dimulai dengan 1 -2 sendok saja per hari. Barulah diberi makanan dengan tekstur agak padat saat sudah tumbuh giginya. 

Menu yang cocok adalah bubur buah pisang, bubur sayur brokoli, bubur nasi, bubur apel (diblender), ubi jalar, bubur kentang, alpukat, melon, air jeruk. Ini jenis buah yang bagus untuk bayi 

Sayur-sayuran dan kacang-kacangan yang direbus kemudian di haluskan menggunakan blender. Pada saat diblender sebaiknya ditambah dengan kaldu atau air matang agar lebih halus. Sayuran dan kacang tersebut adalah kacang polong, kacang merah, wortel, tomat, kentang, labu kuning, kacang hijau.

Daging piliha yang tidak berlemak, kemudian di blender, Ikan yang diblender. Ikan yang digunakan yang tidak berduri seperti fillet salmon, fillet ikan kakap dan gindara.


Hiindari jenis makanan yang mengandung protein gluten yaitu tepung terigu, barley, biji gandum dan kue yang terbuat dari tepung terigu. Semua jenis makanan tersebut dapat membuat perut bayi kembung, mual dan diare pada bayi. Hal ini disebabkan oleh reaksi gluten intolerance.

0 Response to "Varian Menu Makanan Pendamping ASI"

Posting Komentar