Buah yang Bagus untuk Bayi dan Balita

Mengenalkan buah yang baik untuk bayi cocok jika dilakukan sejak dini, sebagai awal pelangkap nutrisi ASI. Dari rekomendasi para ahli anak, bayi bisa diberi makanan buah adalah pada usia 6-8 bulan. Ada beberapa jenis buah yang bagus untuk bayi dan balita untuk memberi nutrisi vitamin dan mineral yang sehat. 

Perlu diketahui oleh orang tua, bahwa buah dan sayuran sangat penting pada usia balita. Namun kebanyakan anak di usia balita susah makan buah dan sayur. Dimuali sejak dini cobalah memberi si kecel dalam bentuk jus dan rebusan sayur yang lunak. Berikut ini beberapa rekomendasi yang telah banyak diterapkan.

Buah untuk usia bayi 6-10 bulan

Air jeruk baik diberikan karena banyak mengandung vitamin C yang berfungsi memperbaiki lapisan-lapisan dalam pembuluh darah, termasuk lapisan mulut. Juga untuk pertumbuhan, perbaikan jaringan tubuh, penyembuhan luka, pertumbuhan tulang dan gigi bayi. 

Pisang dilembutkan, sangat baik karena banyak mengandung kalori untuk pertumbuhan, vitamin C, kalium, kalsium. Pisang memiliki kadar tepung tinggi, dibanding buah semangka yang lebih banyak air dibanding tepungnya. Pisang juga mengandung mineral yang tinggi. 

Sari buah tomat dan pepaya. Saat memberikan sari buah tomat pada bayi, kulit ari dan biji tomat harus dipisahkan terlebih dahulu karena keduanya tidak dapat dicerna oleh pencernaan bayi. Tomat dan pepaya sangat baik untuk bayi karena mengandung banyak vitamin A. Vitamin ini berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh, juga untuk kesehatan matanya.

Buah untuk bayi usia 12 bulan lebih

Menginjak usia 12 bulan, biasanya gigi-gigiya sudah semakin kuat, sehingga sudah memungkinkan untuk diberikan buah yang dipotong-potong, seperti semangka, mangga, pisang, melon dan pepaya yang dipotong kecil-kecil 

Sayuran untuk usia balita
Pada umumnya balita sudah dapat makan jenis-jenis buah yang telah disbutkan sebelumnya secara utuh tanpa dilembutkan. Saatnya mengenalkan sayuran

Kacang Hijau
Kacang hijau kaya akan serat dan juga dapat membuat bayi Anda lebih tahan terhadap penyakit, sehingga bayi dapat tumbuh dengan sehat dan kuat.

Brokoli
Brokoli memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan juga merupakan sumber serat larut. Serat larut ini memabntu melancarkan buang air besar dan juga pencernaan.

Wortel
Kandungan vitamin A yang tinggi sangat baik untuk pertumbuhan tubuh selain itu wortel juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang berfungsi membantu tubuh mempertahankan kesehatan.

Tomat
Tomat memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, memberikan tomat secara teratur kepada si kecil dapat mencegah bai Anda dari kanker prostat di kemudian hari. 

0 Response to "Buah yang Bagus untuk Bayi dan Balita"

Posting Komentar