Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN

Sistem yang berbeda dari SNMPTN dan SBMPTN yang diadakan untuk tes masuk Perguruan Tinggi Negeri pada th 2013 lalu dan apakah akan sama untuk tahun 2014 ini. Pada dasarnya kedua jalur tes ini sama penyelengaranya tapi berbeda. Program ini memiliki beberapa perbedaan SNMPTN dan SBMPTN dengan sistem sebelumnya, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) baik dari segi penyelenggaraan maupun biaya. 

SBMPTN hanya melayani tes tertulis dan keterampilan saja. Sedangkan SNMPTN untuk sistem yang sebelumnya disebut dengan Jalur Undangan atau seleksi berdasarkan nilai rapor ataupun prestasi lainnya calon mahasiswa. SNMPTN merupakan seleksi yang didasarkan pada nilai rapor dan prestasi lainnya selama pendaftar menempuh pendidikan di SMA atau yang sederajat. Untuk SNMPTN Semua pendaftar bebas dari biaya pendaftaran alias ditangung pemerintah alias gratis.

Sebenarnya pada tahun-tahun sebelumnya nama SNMPTN (Selesi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) digunakan tes masuk secara umum. Pada tahun 2013 diganti SBMPTN merupakan seleksi yang dilakukan lewat ujian tulis dan dilakukan secara nasional secara bersama-sama seluruh PTN. 

Dari web resmi www.snmptn.ac.id pendaftaran sekolah untuk mengajukan siswanya sudah dimulai sejak awal 6 Januari 2014. Sekolah Negeri maupun Swasta bisa mendaftar, anda bisa  melihat syarat pendaftaran SNMPTN 2014 yang dimuali dari sekolahnya masing-masing.

Jadi perbedaan SNMPTN dan SBMPTN adalah syarat pendaftrannya. Sebenarnya Semua ujian tulis masuk Perguruan Tinggi Negeri semua memiliki tingkat persaingan yang ketat melihat perbandingan jumlah kursi dan pendaftar.  Anda harus mualai mempersiapkan untuk sukses lolos ujian SBMPTN, good luck. 

0 Response to "Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN"

Posting Komentar