Mengobati Asam Urat Secara Alami

Ketahaui cara mengobati asam urat secara alami sebelum parah dan membutuhkan obat. Asam urat adalah penyakit nyeri sendi yang kerap terjadi pada beberapa orang. Jika sudah terserang biasanya mudah kambuh karena konsumsi makanan pantangannya. Sebelum bertamabah parah sebaiknya konsumsi obat alami untuk asam urat yang bisa diperoleh dari makanan sehari-hari. Banyak obat herbal dipasaran, tentu ada yang bagus, tapi banyak juga yang palasu dengan harga yang tidak murah. 

Berbagai penyebab penyakit asam urat nyeri sendi

Merupakan akibat dari konsumsi zat purin secara berlebihan. Purin diolah tubuh menjadi asam urat, tapi jika kadar asam urat berlebih, ginjal tidak mampu mengeluarkan sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian. Akibatnya sendi terasa nyeri, bengkak dan meradang.

Asam urat adalah penyakit dari sisa metabolisme zat purin yang berasal dari sisa makanan yang kita konsumsi. Purin sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Contohnya menu makanan daging, jeroan, hati dll yang jika berlebihan kadar purin ini akan menumpuk sebagai penybabnya. 

Anjuran untuk mengobati asam urat
  • Konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti kentang, yogurt, dan pisang.
  • Konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, pepaya dan stroberi.
  • Contoh buah dan sayuran untuk mengobati penyakit asam urat: buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai dan tomat.
  • Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti dan ubi.
  • Kurangi konsumsi karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali dan sirup.
  • Jangan minum aspirin.
  • Jangan bekerja terlalu keras/kelelahan.
  • Pada orang gemuk, asam urat biasanya naik sedangkan pengeluarannya sedikit, maka untuk keamanan, orang biasanya dianjurkan menurunkan berat badan.
  • Banyak minum air putih, karena dengan banyak minum air putih, kita dapat membantu membuang purin yang ada dalam tubuh.
  • Konsumsi kentang atau jagung lebih banyak karena efektif untuk mengurangi asam urat dalam tubuh. Kentang dapat dinikmati mentah atau dikukus.
  • Sertakan makanan dan suplemen kaya Vitamin C dalam menu harian kita, untuk mengurangi asam urat dalam tubuh dan melarutkannya dalam darah dengan mudah.

Ramuan herbal untuk asam urat
Bahan: 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, 15 gram jahe merah, 1 jari kayu manis, 5 gram biji pala, 10 butir lada, 200 gram ubi jalar merah, 1000cc air bersih.

Cara pengobatan: Semua bahan direbus dalam 1000cc air hingga tersisa 500cc. Lalu disaring dan minum airnya. Sementara ubi jalarnya dimakan.

0 Response to " Mengobati Asam Urat Secara Alami"

Posting Komentar