Berbagai Manfaat Teh Hijau

Manfaat teh hijau bagi kesehatan diyakini lebih baik daripada teh hitam, biasa juga teh hijau dijadikan teh obat herbal rasanya agak beda dan pahit. Ternyata budaya minum teh dari orang China dan Jepang sudah meluas ke penjuru negara, banyak yang mengkonsumsi teh hijau. Berbagai manfaat teh hijau untuk kesehatan dan kecantikan. 

Manfaat teh hijau bagi kesehatan

Mencegah berbagai jenis Kanker 
Antioksidan pada teh epigallocatechin gallate (EGCG) akan bermanfaat mencegah dan mematikan sel-sel kanker pada tubuh. Konsumsi teh dengan tujuan ini sebaiknya dikonsumsi tanpa menggunakan gula, sebaiknya yang dikonsumsi bukan teh celup, malinkan teh alami berupa daun-daun teh untuk direndam.

Menurunkan resiko Jantung
Menurut penelitian University of L’Aquila tentang teh, bahwa dengan minum hanya satu cangkir teh biasa per hari dapat membantu melindungi diri dari penyakit kardiovaskuler. Teh mengandung flavonoid quercetin, kaempferol, dan myricetin yang bermanfaat untuk meningkatkan reaktivitas pembuluh darah, menurunkan tekanan darah dan pengerasan pada arteri, yang berdampak pada kesehatan jantung.

Mengecilkan dan mengobati tumor
kandungan senyawa flavonoid yang ada pada teh hijau yaitu EGCG bermanfaat untuk menyusutkan tumor. Hal tersebut telah di ujicoba di laborat. Ekstrak teh hijau mampu mengurangi dan menyusutkan ukuran berbagai jenis tumor. Bahkan beberapa kasus membuktikan bahwa tumor tersebut dapat hilang sama sekali dari tubuh. 

Menurunkan tekanan darah
Jenis teh yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah adalah teh hitam. Dengan mengkonsumsi teh ini secara teratur maka anda bisa menurunkan tekanan darah. Sebaiknya pada saat pengobatan dengan teh hitam ini, hentikan konsumsi obat penurun tekanan darah jenis apapun. 

Manfaat teh hijau untuk kecantikan

Melindungi kulit dari paparan sinar matahari
Bagi Anda yang bekerja di luar atau sering terkena paparan sinar matahari, sebaiknya Anda mengkonsumsi teh ocha sebagai pelindung bagi kulit Anda. Anda juga dapat menggunakan teh langsung pada bagian kulit yang akan terkena sinar matahari. Caranya, seduhlah 2 sendok makan daun teh, lalu diamkan hingga dingin. Setelah dingin, saring air teh dengan bahan kain yang lembut. Kemudian gunakan kain tersebut untuk mengompres bagian kulit yang dianggap akan terkena paparan sinar matahari. Lalu diamkan hingga mengering. Sebaiknya Anda melakukan pengompresan ini sekitar 30 menit sebelum terkena sinar matahari.

Mengatasi mata panda
Mata panda yang disebabkan oleh kekurangan tidur ini dapat Anda atasi dengan menggunakan teh ocha. Hal ini karena teh ocha mengandung tanin yang bermanfaat untuk mengurangi mata bengkak dan mengembalikan kesegaran kulit di sekitar mata. Cara penggunaannya mudah, Anda hanya perlu menutup mata dan mengompres kedua mata Anda dengan bekas kantung teh yang sudah diseduh, selama kurang lebih 20 menit.

Menyuburkan rambut
Menurut penelitian yang dilakukan di Korea, kandungan epigallocatechin-3-gallat pada teh ini efektif dalam menambah kesuburan rambut. Selain itu, teh ocha yang dikenal dapat meningkatkan metabolisme juga ikut berpengaruh pada proses pertumbuhan rambut.

Mengatasi Jerawat dan wajah berminyak
Bagi Anda yang memiliki masalah dengan jerawat dan wajah berminyak, Anda dapat mencoba menggunakan teh ocha untuk mengatasi masalah Anda. Teh yang mengandung antioksidan, mineral, dan vitamin ini dapat menghasilkan toner alami yang berfungsi untuk mengurangi kelebihan minyak pada wajah. Caranya, tuang teh pada cetakan lalu simpan ke dalam lemari es. Setelah membeku, usapkan teh beku tersebut pada wajah setiap hari secara perlahan dan merata. Kemudian biarkan hingga mengering dengan sendirinya. Sedangkan untuk mengatasi jerawat, Anda dapat mengompres jerawat dengan kantong teh atau membuat masker dari daun teh yang dicampur dengan putih telur.

Kulit Manggis akhir-akhir ini semakin poluler, baca juga

0 Response to "Berbagai Manfaat Teh Hijau"

Posting Komentar