Penyebab Tubuh Mudah Lelah Pegal Linu

Ada macam-macam penyebab badan/tubuh pegal linu dan terasa mudah lelah secara tiba-tiba. Apalagi jika sebelumnya jarang terjadi tapi sekarang sering mengalami lelah, ini harus diwaspadai. Orang pada umumnya kemudian mengkonsumsi obat rutin, namun tidak semua jenis obat bersifat aman dikonsumsi. Padahal pegal dan nyeri pada tubuh bisa berbahaya. Karena itu kenali penyebab tubuh mudah lelah pegal linu.  Banyak orang menganggap pegal-pegal sebagai masalah sepele. Sebab, kadang dengan istirahat yang cukup atau dipakai tidur saja, pegal-pegal di sekujur badan bisa hilang dengan sendirinya.

Penyebab munculnya lelah badan pegal  

Biasanya karena olahraga berlebihan atau beraktivitas berat, pegal-pegal juga bisa disebabkan karena kebanyakan duduk di kantor.
Dokter Suhanto, Kepala Bidang Pelayanan Medis Rumah Sakit Mediros, mengatakan, pegal-pegal di badan muncul karena kurangnya relaksasi otot. Ia mencontohkan orang yang bekerja terlalu lama di depan komputer. Karena pergerakan tubuhnya statis dan terbatas, ia bakal gampang terserang pegal-pegal badan.
Pegal-pegal di tubuh yang disertai rasa nyeri kemungkinan disebabkan oleh beberapa faktor seperti:
  • Adanya penumpukan asam laktat di otot
  • Ketidakseimbangan mineral (kalsium, kalium, magnesium dan natrium) yang mengontrol antara kontraksi dan relaksasi
  • Pengobatan tertentu yang bersifat diuretik
  • Kurangnya fleksibilitas tubuh
  • Salah posisi tubuh saat mengangkat beban atau duduk yang mengganggu otot atau sendi di tubuh
  • Ada kemungkinan akibat dehidrasi
Waspada indikasi penyakit
Contohnya adalah orang yang terserang virus influenza. Biasanya, gejala yang muncul dari penyakit ini adalah pegal-pegal di sekujur tubuh. Setelah itu baru diikuti oleh demam dan hidung mengeluarkan cairan. Gejala serupa juga terjadi jika kita akan terserang penyakit lain, seperti demam berdarah atau cacar air.

Jika pegal badan diikuti rasa lemah, letih, dan lesu, Anda juga harus hati-hati. Jangan-jangan itu mengindikasikan penyakit kurang darah atau anemia. Pegal-pegal badan juga dialami oleh penderita penyakit lain, seperti hepatitis atau penyakit rematik.

Dokter Erin Destrini dari Klinik Jakarta Medical Center (JMC) menambahkan, pegal-pegal di badan juga bisa mengindikasikan seseorang terserang penyakit asam urat atau herpes. "Virus herpes tersebar melalui udara, jika stamina lemah, akan mudah terkena," ujarnya. Pegal-pegal juga bisa menjadi ciri seseorang terserang penyakit persendian yang serius, seperti penyakit amyotropic lateral sclerosis (ALS), rheumatoid arthritis, polymyositis, serta multiple sclerosis. "Makanya jangan remehkan pegal-pegal. Apalagi untuk pegal-pegal yang fatal, itu harus segera ditangani oleh dokter," tutur Erin.

Mereka yang lebih banyak beraktivitas di ruangan ber-AC juga diimbau lebih berhati-hati. Sebab, udara lembab di ruangan tertutup tidak baik untuk kesehatan dan bisa menjadi penyebab munculnya rasa lelah dan pegal-pegal di tubuh.
"Jadi, jika Anda bekerja di ruang ber-AC, sempatkan untuk keluar sebentar di tempat yang terkena sinar matahari, ini penting buat kesehatan," saran Erin

Berikut ini informasi bagaiamana cara alami mengobati pegal linu

4 Responses to "Penyebab Tubuh Mudah Lelah Pegal Linu"

  1. terimakasih banyak atas infonya gan sangat bermanfaat sekali untuk saya....!

    BalasHapus
  2. Kenapa saya tidak tahan bekerja dengan lama ya?
    Contoh: berkendara lama, berdiri lama, jongkok lama dll itu smua menyebabkan saya mudh pegal.

    BalasHapus
  3. Makasih gan,, oh ya saya mau tanya,, berarti saya kurang darah dong, soal nya setiap hari suka 4l

    BalasHapus