-

Jenis Ikan yang Cocok untuk Aquascape

Sebuah ide untuk memberi ikan di dalam aquascape layaknya aquarium ternyata banyak diminati. Hal ini berawal dari jenis aquarium yang kerap diberi hisaan karang tanaman palsu. Aquascape sebenarnyalebih bersifat seni dalam mengatur dan menanam tanaman air, batu dan kayu dalam cara yang menyenangkan secara estetis di dalam aquarium sehingga memberikan efek berkebun. Karena diberi ikan akan menjadi lebih menarik, apa saja jenis ikan yang cocok untuk aquascape?

Jika diberi ikan, Jika ingin menambahkan ikan dalam aquascape kita harus benar-benar jeli memilih jenis yang cocok. Dan ikan yang dipilih harus benar-benar bersahabat dengan tanaman air bukan justru merusaknya.

Jenis tumbuhan yang merambat misalnya. Tanaman jenis ini cenderung mempersempit ruang gerak ikan. Sehingga, jumlah ikan yang ditambahkan dalam aquascape yang didominasi tumbuhan rambat tidak boleh terlalu banyak

Ikan-ikan penghuni aqusacape
Guppy
Ukuran guppy memang mungil. Panjang tubuh betina 6 cm,sedangkan jantan lebih kecil lagi. Ciri khas ikan ini adalah pada ikan jantan yang ekornya seperti kipas dengan warna bervariasi.

Soaboa 
Sekilas tampangnya mirip red nose tetra. Soalnya di bagian hidungnya berwarna kemerahan. Namun warnanya tidak hanya di hidungnya saja tetapi sampai ke ujung ekornya.

Rasbora
Orang mengenalnya sebagai ikan harlequin. Ikan dari kawasan Asia Tenggara punya semburat hologram warna merah di sisiknya. Spesies ini bisa mencapai ukuran tubuh 5 cm. Sifatnya kalem dan suka berkelompok.

Neon Tetra
Walau panjang badannya hanya 2-3cm, ikan ini sangat indah. Sisiknya yang perak serta merah metalik bisa terlihat menyala. Ia senang menyantap cacing beku, serangga kecil, udang dan pakan kering.

Red tailed shark
Ikan ini dijuluki Labeo bicolor karena punya dua warna merah dan hitam. Namun para pehobi lebih senang menyebutnya red-tailed shark, karena bodinya mirip ikan hiu dan berekor merah. Ukurna maksimal 15cm, termasuk ikan teritori / penguasa. Makanya jumlah ideal dalam aquarium adalah 1 ekor.

Sumatra Barb
Ciri ikan ini memiliki warna loreng seperti macan. Ikan dengan tubuh berbentuk belah ketupat ini mudah dipelihara. Hanya sifatnya agak galak terkadang suka mengejar jenis ikan lain.

Rainbow Fish
Warna ikan ini sangat indah. Badannya dihiasi garis-garis warna pelangi. Ukuran rainbow fish memilik panjang badan 10 cm. Ikan ini banyak ditemukan di Australia, Papua Nugini dan Indonesia.

Puntius Denisoni
Ciri-ciri ikan ini, badan bulat memanjang seperti torpedo. Garis hitam memanjang dari ujung mulut sampai pangkal leher. Sementara di atas garis hitam ada garis warna merahsampai setengah badan. Ukuran ikan bisa mencapai 15 cm.



Ditulis Oleh : Alifan Doflamingo ~

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Jenis Ikan yang Cocok untuk Aquascape yang ditulis oleh Mancing Info yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top