Jenis Makanan Sehat Penguat Daya Ingat

Sumber makanan penguat daya ingat memang ada yang berasal dari kandungan gizi makanan tersebut. Jenis makanan ini tentu saja baik untuk anak-anak di masa belajar, termasuk juga untuk orang tua. Jenis makanan sehat penguat daya ingat sebenarnya sudah ada dan mudah ditemukan di sekitar kita. Juga mempunyai gizi yang bagaus untuk kesehatan anak. 

Ikan
Ikan merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3 – DHA and EPA – yang keduanya penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Riset terbaru juga menunjukkan bahwa orang yang memperoleh asupan asam lemak lebih banyak memiliki pikiran lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan. Menurut para ahli walaupun tuna mengandung asam omega-3, namun ikan ini tidaklah sekaya salmon.

Jenis ikan seperti mackarel, tuna, salmon, dan jenis ikan laut lainnya adalah sumber asam lemak omega3 yang sangat dibutuhkan oleh otak. Selain asam lemak omega-3, ikan-ikan ini juga mengandung docosahexaenoic acid (DHA) yang baik untuk syaraf otak dan mengasah daya ingat menjadi lebih tajam.

Omega 3, DHA dan EPA aadalah Gizi untuk Otak

Kacang-kacangan
Kacang adalah makanan spesial sebab makanan ini memiliki energi yang berasal dari protein serta karbohidrat kompleks. Selain itu, kacang kaya akan kandungan serat, vitamin dan mineral. Kacang juga makanan yang baik untuk otak karena mereka dapat mempertahankan energi untuk daya ingat kemampuan berpikir anak-anak pada puncaknya pada sore hari jika dikonsumsi saat makan siang.

Menurut hasil penelitian, kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asal lemak omega 3 daripada jenis kacang lainnya khusunya kacang almond jenis asal omega-3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak .

Sayuran berwarna
Sayuran hijau seperti brokoli dan bayam mengandung asam folat dan vitamin E. Folat menjaga agar otak tetap dalam keadaan yang siaga. Beberapa sayuran sehat untuk  otak adalah tomat, wortel, bayam adalah sayuran yang kaya nutrisi dan sumber antioksidan yang akan membuat sel-sel otak kuat dan sehat.

Susu dan Yogurt
Makanan yang berasal dari produk susu mengandung protein dan vitamin B tinggi. Dua jenis nutrisi ini penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim. Susu dan yogurt juga bisa membuat perut kenyang karena kandungan protein dan karbohidratnya sekaligus menjadi sumber energi bagi otak.

Penelitian terbaru mengindikasikan bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak vitamin D bahkan 10 kali dari dosis yang direkomendasikan. Vitamin D adalah vitamin yang juga penting bagi sistem saraf otot dan siklus hidup sel-sel manusia secara keseluruhan.

Telur (kolin)
Zat ini banyak terdapat pada kuning telur. Sangat penting untuk dikonsumsi bagi anak di bawah usia tujuh tahun karena daya ingat mereka berada pada tahap pengembangan. Tapi tetap ingat telur tinggi kolesterol, jadi hati-hati jangan berlebihan mengkonsumsi.

0 Response to "Jenis Makanan Sehat Penguat Daya Ingat"

Posting Komentar