Jenis Makanan Pencegah Diabetes

Penyakit diabetes dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan  mengandung gizi tertentu. Resiko besar diabetes pada seseorang karena glukosa dalam tubuh y6ang tidak teratur, karena terganggunya hormon insulin. Tentu saja ada jenis makanan pencegah diabetes, gizi yang terkandung dapat mengatur enzim dan hormon pengendali gula dalam tubuh.  Perlu diingat buka berarti makakan berikut ini dapat menyembuhkan diabetes, melainkan hanya membantu mengurangi resiko penyakit diabetes.

Resiko besar diabetes pada usia 30 tahun ke atas yang memiliki berat badan berlebih bersiko 30 kali lebih besar terkena penyakit ini.

8 Makanan Pencegah Diabetes

1. Buah Jeruk
Siapa yang bisa menyangkal kehebatan buah jeruk bagi kesehatan. Selain rasanya yang segar, buah jeruk kaya akan vitamin C yang berguna mencukupi kebutuhan vitamin C penderita diabetes yang cenderung menurun. Selain itu, kandungan gizi lainnya seperti serat, mineral dan vitamin lain dalam buah jeruk juga berguna meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Buah Apel
Membiasakan makan buah apel atau makanan lain yang kaya akan kuersetin dapat menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung sebesar 20 persen. Makanan lain yang kaya akan kuersetin adalah tomat, bawang dan sayuran berdaun hijau.

3. Kayu Manis
Mengonsumsi kayu manis sebanyak ½ sendok teh setiap hari dapat meningkatkan sensitifitas sel-sel terhadap insulin. Para ahli gizi dari Nutrition Center of Beltsville menemukan bahwa pasien diabetes mengalami penurunan kadar gula darah setelah mengonsumsi kayu manis selama 40 hari. Bahkan, pasien tersebut mengalami tanda-tanda perbaikan pada kesehatan jantung mereka.

4. Kacang-kacangan
Mereka yang rajin mengonsumsi kacang-kacangan sedikitnya satu genggam kacang perhari memiliki prevelensi 5 persen lebih rendah mengalami sindrom metabolik, salah satu faktor risiko yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2, seperti yang disampaikan tim peneliti dari Louisiana State University.

5. Salmon
Menurut American Diabetes Association, diabetes berpeluang menyerang dua kali lebih besar kepada orang dengan penyakit jantung. Diet tinggi Omega-3 dianjurkan bagi orang-orang yang bersiko diabetes dan penyakit jantung. Salmon adalah satu dari sekian banyak sumber makanan hewani yang kaya akan Omega-3. Omega-3 membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan mencegah pengerasan pembuluh darah.

6. Stroberi
Baru-baru ini para ilmuwan di Inggris berhasil menemukan bahwa buah stroberi dapat membantu tubuh mengaktifkan protein yang menurunkan lipid darah dan meningkatkan LDL (kolesterol baik) yang dapat mencegah berkembangnya penyakit diabetes tipe 2.

7. Teh Hijau
Selain dikenal sebagai teh pelangsing tubuh, kandungan flavonoid teh hijau berguna mencegah peradangan kronis yang disebabkan makanan berlemak, tidak pernah berolahraga, dan pola hidup tak sehat lain yang dapat mengakibatkan gangguan organ hati. Jika organ hati mengalami gangguan maka dapat menggagalkan kemampuan tubuh dalam menyerap gula darah.

8.Buncis
Buncis merupakan makanan tinggi serat, protein dan kaya akan vitamin. Kandungan serta dalam buncis dibutuhkan tubuh dalam melancarkan saluran pencernaan dan mencegah lonjakan gula darah yang dapat memperburuk penyakit diabetes.

0 Response to "Jenis Makanan Pencegah Diabetes"

Posting Komentar