Manfaat Madu untuk Kesehatan


Banyak didapatkan manfaat madu untuk kesehatan dan daya tahan tubuh sangat baik, karena itulah banyak orang mengkonsumsi madu. Khasiat Madu juga bisa meningkatkan energi atau stamina tubuh. Selain itu madu sangat terkenal untuk merawat kecantikan kulit dengan spa.

Manfaat madu terhadap penyakit kronis,bmadu diakui dapat menurunkan glukosa dan  kolesterol, oleh sebab itu madu lebih baik daripada gula sebagai pemanis. Bukan berarti madu dapat menyembuhkan penyakit kronis, tetapi madu membantu mencegah terjadi penyakit kronis seperti diabetes.
Berikut inilah Beberapa manfaat madu bagi  kesehatan yang bisa anda pelajari lebih detail

Menghaluskan kulit
Asam glukonat dan asam organik ringan lainnya yang terdapat dalam madu dapat melonggarkan ikatan sel-sel kulit mati sehingga mempercepat regenerasi, mengurangi keriput dan garis penuaan, menyeimbangkan minyak, dan meningkatkan elastisitas kulit. Madu juga mengandung gula dan asam amino yang membantu mempertahankan kelembaban kulit.

Antioksidan kuat
Madu memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Bahkan, antioksidan yang disebut “pinocembrin” hanya ditemukan dalam madu. Hal ini membuat tubuh Anda lebih sehat, terhindar dari penyakit dan terlihat lebih awet muda.

Menurunkan glukosa dan kolesterol darah
Meskipun lebih manis dari gula, madu memiliki indeks glikemik rendah karena diserap ke dalam aliran darah secara bertahap. Anda yang memiliki diabetes harus mengurangi makanan berindeks glisemik tinggi karena akan mendorong lonjakan glukosa darah.

Madu adalah alternatif pemanis yang paling aman dibandingkan gula atau gula sintetis. Beberapa penelitian bahkan menduga madu dapat menurunkan glukosa darah. Mineral dan vitamin alami dalam madu juga membantu menurunkan kadar LDL (kolesterol buruk) dalam tubuh.

Menurunkan kadar kolesterol jahat
Madu menjadi salah satu sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Antioksidan penting untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.
Madu tidak mengandung lemak jenuh sehingga tidak menambah kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Menurut sebuah penelitian, satu sendok makan madu setiap hari dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.

Madu murni untuk mengobati Batuk. 
Penelitian yang dilakukan terhadap 300 anak usia dini yang terkena ISPA atau infeksi saluran pernafasan atas namun bebas asma ataupun pneumonia ini diberikan madu berupa dua sendok dosis madu kayu putih, jeruk madu serta beberapa ekstrak rasa madu.
Dan hasilnya, anak-anak yang mengkonsumsi madu tersebut mengalami penurunan tingkat batuk yang dideritanya, selain itu anak-anak juga cenderung lebih gampang untuk terlelap tidur. Sedangkan anak-anak yang nggak mengkonsumsi madu masih tetap sama gak ada perubahan.

0 Response to "Manfaat Madu untuk Kesehatan"

Posting Komentar