Ciri-Ciri Madu Asli atau Palsu


Ciri-ciri madu asli atau palsu yang bisa dicek dari bentuk fisik untuk membedakan antara madu asli  dan palsu. Banyak sekali merek madu yang belum tentu keasliannya. Kemasan botol madu yang rapi semakin mudah menipu pembeli. Madu dengan warna kuning cerah sekarang tidak menjamin keasliannya. Berikut ini cara memilih madu asli dengan melihat ciri-ciri perbedaanya.

Cara membedakan madu asli atau palsu

1. Teneteskan madu pada selembar kertas. Madu palsu akan mudah terserap kertas karena kandungan airnya tinggi.

2. Oleskan sedikit di telapak tangan kemudian jemur sebentar di bawah terik matahari. Madu yang masih murni tidak akan mengering sedangkan madu palsu akan membentuk lapisan kerak gula yang menempel di tangan.

3. Dengan mengocoknya, madu asli akan membentuk gas atau uap air jika dikocok.

4. Tuangkan ke wadah berisi air. Madu asli akan langsung jatuh ke dasar wadah, sedangkan madu palsu cenderung akan menyebar.

5. Celupkan benda ke dalam botol madu kemudian angkat benda tersebut. Madu murni akan menetes tanpa terputus dan jika tetesan madu terputus-putus, itulah tanda madu palsu.

Madu di dalam botol segel
Agak sulit untuk mengecek sebelum membeli karena beberapa banyak produk memakai botol segel. Pilihnnya harus dibeli dahulu baru dicek keasilannya, jika ternyata palsu, tidak usah membeli kembali, cari merek madu lain yang asli.

0 Response to "Ciri-Ciri Madu Asli atau Palsu"

Posting Komentar