Penyebab Utama Penyakit Stroke

Mengetahui penyebab stroke adalah cara yang baik supaya terhindar dari penyakit berbahaya ini. Kebanyakan orang sewaktu sehat kurang memperhatikan pola hidup dan baru sadar ketika gejala stroke muncul. Beberapa orang juga salah anggapan mengenai penyababnya karena hanya berdasar informasi mulut ke mulut. Berikut ini keterangan tentang penyebab utama penyakit stroke 

Stroke, cerebrovascular accident, CVA) adalah suatu kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke suatu bagian otak tiba-tiba terganggu. Dalam jaringan otak, kurangnya aliran darah menyebabkan serangkaian reaksi biokimia, yang dapat merusakkan atau mematikan sel-sel saraf di otak. Kematian jaringan otak dapat menyebabkan hilangnya fungsi yang dikendalikan oleh jaringan itu.

Dua keadaan/kejadian ini yang disebut mekanisme terjadinya stroke

Pembuluh darah yang tersumbat di dalam otak berakibat suplai darah untuk otak berkurang/terganggu, menimbulkan gejala-gejala dan tanda-tanda stroke. Stroke yang disebabkan oleh sumbatan pembuluh darah otak disebut Stroke Iskhemik.

Darah yang keluar dari pembuluh darah yang pecah di dalam otak menghasilkan tekanan tinggi di dalam otak, menekan jaringan otak di sekitarnya, menimbulkan gejala-gejala dan tanda-tanda stroke. Stroke yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah dalam otak disebut Stroke Hemoragik.

5 hal utama penyebab stroke

1. Hiperkolesterolemia ( kelebihan kadar kolesterol dalam darah )
Kelebihan kolesterol beiasanya terjadii  karena konsumsi makanan berlebih terutama berasal dari lemak jenuh hewani, baca bahaya kolesterol

2. Diabetes Mellitus ( Kencing Manis )
Kelebihan kandungan gula dalam tubuh, disebabkan kelebihan glukosa/kalori yang tidak terpakai.

3. Penyakit Jantung
Obesitas dan jarang olahraga adalah penyabab dari penyakit jantung

4. Rokok

5. Hipertrigliseridemia ( kelebihan kadar lemak darah )

0 Response to "Penyebab Utama Penyakit Stroke "

Posting Komentar