Bahaya Kolesterol Tinggi Terhadap Kesehatan

Kita sering mendengar bahaya kolesterol tinggi terhadap kesehatan tubuh. Pertanyaanya mengapa kolesterol berbahaya? kerana dapat memicu serangan jantung akibat peredaran darah tidak lancar. Serangan jantung kita ketahaui adalah penyakit penyebab kematian. Di Indonesia kini telahmencapai 26-30%. Bahkan untuk kota besar seperti Jakarta, angka kematiannya bisa mencapai 42,9% (forum detik.com). Dengan mengetahui bahaya kolesterol tinggi terhadap kesehatan sehingga tidak menganggap remeh bahaya yang akan terjadi, dan menjadi lebih berhati-hati. 

Setiap orang memiliki kolesterol di dalam darahnya, di mana 80% diproduksi oleh tubuh sendiri dan 20% berasal dari makanan.Kolesterol yang diproduksi terdiri atas 2 jenis yaitu kolesterol HDL dan kolesterol LDL. Kolesterol LDL, adalah kolesterol jahat, yang bila jumlahnya berlebih di dalam darah akan diendapkan pada dinding pembuluh darah membentuk bekuan yang dapat menyumbat pembulun darah. Kolesterol HDL, adalah kolesterol baik, yang mempunyai fungsi membersihkan pembuluh darah dari kolesterol LDL yang berlebihan. 

Bahaya jika kolesterol tinggi 

1.Penyumbatan pada pembuluh darah jantung yang dapat menimbulkan serangan jantung.

2.Penyumbatan pada pembuluh darah otak yang dapat menimbulkan serangan stroke.

Kolesterol berasal dari makanan 

Seringkali dimakan yaitu makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging hewan,  minyak kelapa dan santan. Lemak tidak jenuh yang terdapat pada minyak goreng apabila digunakan untuk menggoreng dengan pemanasan yang tinggi akan dapat merubah struktur kimianya menjadi lemak jenuh. Mengkonsumsi makanan janis daging, seafood, gorengan, dan santan mempunyai kadar kolesterol tingi. 

Tanda-tanda tubuh mudah lelah, pusing, pernafasan tidak lancar bisa jadi kerena peredaran darah dalam tubuh ke otak tidak lancar. Apalagi kondisi berat badan berlebih, kolesterol tinggi. Olahraga dan diet makan sehat sangat baik untuk mencegah kadar kolesterol tinggi, memperlancar peredaran darah dan menyehatkan jantung.

0 Response to "Bahaya Kolesterol Tinggi Terhadap Kesehatan "

Posting Komentar