Cara Belajar yang Efektif dan Efisien

Belajar yang efektif dan efisien adalah cara belajar yang terbaik dan termudah dilakukan, namun jarang siswa yang menerapkannya karena rasa malas. Efektif artinya mampu dengan maksimal mengusai pelajaran. Sedangkan efisien itu tidak perlu membuang waktu banyak untuk belajar, bahkan belajar ga harus setiap hari, selain itu juga tidak harus menambah les atau bimbingan belajar. Sungguh membosankan jika harus terus-terusan belajar, les, tugas, persiapan ujian dll. Jadi bagaimana cara belajar yang efektif dan efisien tersebut, cobalah tips berikut ini

Fokus pada pelajaran yang disukai
Jika sudah suka pada pelajaran tertentu anda harus maksimmal menguasai materi tersebut luar kepala. Misal suka sejarah, tuntu anda ga cuma suka membaca buku sejarah tapi bisa menceritakan sejarah. Jika suka metematika, ga cuma bisa mengerjakan soal tapi bisa mengajari teman menjelaskan langkah-langkah mengerjakan soal matematika. Jadi ketika ujian ga perlu banyak belajar untuk pelajaran yang disukai tersebut

Suka dengan gaya mengajar guru
Dengan menyukai gaya mengajarnya tentu lebih serius memperhatikan saat dia mengajar. Kebanyakan siswa yang sulit memahami suatu materi adalah karena malas memperhatikan guru saat mengajar. Memang tidak semua guru itu cocok dengan kita, tapi pasti ada beberapa yang cocok. Serius memperhatikan saat  diajar bukan hanya menjadikan lebih mudah saat mengerjakan soal, bahkan bisa ingat suatu materi luar kepala tanpa menghafalnya. 

Belajar kelompok
Sangat umum banyak anak yang tidak paham saat dijelakan gurunya tapi dengan mudah bisa paham saat dijelaskan oleh temannya. Suasana belajar bareng yang asik sambil santai, main, makan-makan dan sebagainya tentu lebih menyenangkan.

Sering mengerjakan soal
Ini cara terakhir jika tidak suka dengan sebuah pelajaran tertentu. Kalau sudah tidak suka dan mearasa berat dengan sebuah pelajaran, tetap sulit untuk  menerapkan cara diatas. Sering mengerjakan soal supaya terbiasa dengan soal-soal pelajaran yang membosankan tersebut. Bukan jnismata pelajaran eksak saja, bahkan pada pelajaran hafalan dangan sering mengerjakan soal esai/pilihan ganda lama-lama bisa apal sendirnya, daripada harus menghafal buku tebal yang membosankan. 

Dengan pengertian efektif dan efisien bisa anda terapkan, bahkan untuk orang pemalas belajarpun cara tersbut juga cukup mudah. Belajar terus-menerus berjam -jam hanya untuk bisa lolos ujian, menurut saya itu sangat tidak bagus, justru akan membuang waktu dan membatasi kreatifitas. Belajar akademik menggunakan otak  kanan sedangkan kreatifitas otak kiri. 

0 Response to " Cara Belajar yang Efektif dan Efisien "

Posting Komentar