Penjelasan Jaringan Komputer dan Klasifikasinya

Jaringan Komputer dan Klasifikasinya
Berikut penjelasan jaringan komputer dan klasifikasinya, atau jenisnya pengertian jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya, berkomunikasi dan dapat mengakses informasi.Tujuan dari jaringan komputer adalah setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan. 

Jaringan dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana.: Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.

Klasifikasi jaringan komputer 
Jaringan wilayah lokal atau Local Area Network (LAN). LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan stasiun kerja (workstation) dalam kantor suatu perusahaan, sekolah, atau warnet untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya pencetak (printer) dan saling bertukar informasi.

Jaringan wilayah metropolitan atau Metropolitan Area Network (MAN) Jaringan yang mencakup satu kota yang cukup luas, terdiri atas puluhan gedung yang berjarak 10 - 50 kilometer. Kabel transmisi yang digunakan adalah kabel serat optik (Fiber Optic)

Jaringan wilayah luas atau Wide Area Network (WAN). Jaringan wilayah luas Merupakan jaringan antarkota, antar propinsi, antar negara, bahkan antar benua. Jaraknya bisa mencakup seluruh dunia, misalnya jaringan yang menghubungkan semua bank di Indonesia, atau jaringan yang menghubungkan semua kantor Perwakilan Indonesia di seluruh dunia. Media transmisi utama adalah komunikasi lewat satelit, tetapi banyak yang mengandalkan koneksi serat optik antar negara.

0 Response to "Penjelasan Jaringan Komputer dan Klasifikasinya"

Posting Komentar