Cara Membuat Arang Batok Kelapa

Cara teknik membuat arang batok kelapa cukup mudah dengan beberapa tahap yang bisa anda pelajari disini. Melihat kebutuhan dan permintaan arang akan terus ada, ini menjadai usaha yang bisa anda coba. Kelebihan Batok kelapa yang menjadi sampah para pedagang kelapa di pasar atau penjual es kelapa muda bisa dimanfaatkan. Kelebihan arang batok kelapa adalah bahan bakunya yang lebih  murah daripada arang kayu.

Langkah- langkah membuat arang batok kelapa

1. Siapkan pengarang (pembuatan arang)untuk pembakaran tempurung kelapa secara tidak sempurna sehingga pembakaran terhenti sampai pembentukan molekul karbon atau arang. Bisa dengan lubang tanah kering atau drum bekas, rekomendasi terbaik adalah drum bekas. 

2. Sebelum dibakar, bahan baku tempurung kelapa dikeringkan dahulu, agar pembakaran lebih cepat tanpa asap mengepul. Bersihkan tempurung dari sabut, pasir, dan kotoran lainnya. 

3. Awal mulai - masukkan sampah ato plastik pada dasar drum, lalu bakar sampai api membesar lalu masukkan setengah karung batok kelapa secara merata, lakukan penambahan batok kelapa secara bertahap, skitar 30 - 1jam sekali. jangan sampai mengeluarkan API, yang keluar hanya asap tebal. 


4. Setelah sampai penuh pada sore hari, siapkan karung goni basah, plat peunutup drum,tali pengikat terbuat dari ban dalam bekas,tutuplah semua sisi secara benar-benar rapat, jangan sampai ada sedikitpun celah udara.


5. Bukalah drum pada esok harinya, siapkan alas dari seng untuk mengangin-anginkan arang yang sudah matang. Sortir arang yang matang, pisahkan dengan yang belum matang.pastikan arang tidak ada yang panas/ mengeluarkan asap, pastikan tidak ada bara yang menyala.

6. Packing arang yang udah dipilih pastikan tidak ada arang yang membara. Setelah dimasukkan dalam karung cek kembali dengan meraba sisi-sisi karung apabila menemukan karung yang hangat, segera pisahkan dan bongkar karung tersebut.


Dalam pembuatan arang batok kelapa ini pasti berurusan dengan api. Jadi lokasi pembvbakran agak jauh dari rumah, jauhkan dari spedamotor, mobil dan peralatan penting untuk menghindari kebakaran yang tidak diinginkan. Pada saat paking jangan ada arang yang masih hangat.

Baca juga cara membuat  arang kayu

0 Response to "Cara Membuat Arang Batok Kelapa"

Posting Komentar