Cara Menangani Saat Anak Muntah

Bagaimana menangani saat anak muntah wajip diketahui oleh orang tua, ketahui gejala, dan indikasi berbahaya atau tidak. Ada hal yang ketahui lagi, yaitu perlakuan untuk si anak karena biasanya dia menangis. Anda jangan terlalu panik, Biasanya mengatasi anak muntah pada pertolongan pertama dengan minyak gosok. perlakukan dengan baik seperti berikut ini

Pertolongan pertama saat anak muntah

  • Posisikan anak agar tidur dengan posisi miring ke samping atau dipangku untukmenunduk agar makanan yang dimuntahkan tidak masuk ke dalam saluran pernafasan, apalagi paru-paru.
  • Berikan atau olesi ninyak gosok secukupnya  pada bagian perut dan leher sambil dipijat-pijat pelan sampai dia berhenti nuntahnya.
  • Kenalai tandanya, jika hanya keluarnya sebagian makanan dan minuman yang sudah dikonsumsi, ini tergolong tidak berbahaya, namun kondisi badan pasti kurang sehat.
  • Indikasi berbahaya biasanya dikenali dengan keluarnya sesuatu yang tidak wajar, misalnya muntah darah atau muntah yang berlangsung terus menerus.
  • Apabila  si anak sudah selesai muntah, berikan minuman sedikit demi sedikit selang beberapa setelahnya. Bila anak muntah kembali, hentikan dan bila muntah sudah berhenti, baru dicoba untuk memberikan makanan seperti biasanya.

Setelah anda mengatasi muntah pada anak untuk pertolongan pertama, perhatikan kondisi suhu tubuhnya, nafsu makanya. Apabila suhusemakin panas dan susah makan, maka segeralah dibawa ke dokter secepat mungkin. Diskusikan gejala awal, prilaku si anak dan konsultasikan penanganan yang tepat sibuah hati dengan dokter. Sekian semoga tips inibisa membantu.

0 Response to "Cara Menangani Saat Anak Muntah"

Posting Komentar