Perbedaan Tepung Terigu dan Gandum

Perbedaan tepung terigu dan gandum itu apa saja, karena sebenarnya terigu terbuat dari gandum. Jika ada orang yang menybutkan ada tepung terigu dan ada tepung gandum, memang keduanya berbeda namun dari bahan yang sama. Hal itu membuat sedikit penasaran tentang mari kita ketahui jawabanya di sini.

Gandum (Triticum spp.) adalah sekelompok tanaman serealia dari suku padi-padian yang kaya akan karbohidrat. Gandum biasanya digunakan untuk memproduksi tepung terigu, pakan ternak, ataupun difermentasi untuk menghasilkan alkohol. Pada umumnya, biji gandum (kernel) berbentuk opal dengan panjang 6–8 mm dan diameter 2–3 mm. Seperti jenis serealia lainnya, gandum memiliki tekstur yang keras. Biji gandum terdiri dari tiga bagian yaitu bagian kulit (bran), bagian endosperma, dan bagian lembaga (germ).

Tepung terigu/wheat flour dibuat 

Dari Endosperma gandum merupakan bagian yang terbesar dari biji gandum (80-83%) yang banyak mengandung protein, pati, dan air. Pada proses penggilingan, bagian inilah yang akan diambil sebanyak-banyaknya untuk diubah menjadi tepung terigu dengan tingkat kehalusan tertentu [5]. Pada bagian ini juga terdapat zat abu yang kandungannya akan semakin kecil jika mendekati inti dan akan semakin besar jika mendekati kulit.

Tepung gandum/wheat dibuat

Dari  dari gandum beserta kulit arinya yang ditumbuk, sehingga tepung gandum berwarna kecoklatan. Kulit luar gandum dan terdapat sebanyak 14,5% dari total keseluruhan gandum. Bran memiliki memiliki kandungan protein dan kadar serat yang lebih tingg.

Tepung terigu dan tepung gandum utuh ternyata sama – sama dibuat dari gandum yang membedakannya adalah proses penggilingannya, tepung terigu  [wheat flour] dihasilkan dari proses penggilingan biji gandum bagian paling dalam sedangkan tepung gandum utuh dibuat dari proses penggilingan biji gandum utuh yang hanya dibuang kulit luarnya saja, perbedaan ini menyebabkan kandungan lemak dan serat tepung gandum lebih tinggi daripada tepung terigu.

Harga tepung gandum utuh ternyata lebih mahal dari pada tepung terigu. Dalam pengolahan tepung terigunya sering ditambah tepung jenis lain misalnya tapioka utk menekan harga.

0 Response to "Perbedaan Tepung Terigu dan Gandum"

Posting Komentar