Makanan Sumber Vitamin A

Sumber Vitamin A

Sumber vitamin A dari makanan paling terkenal adalah wortel yang sudah sering kita kenal.  Vitamin yang bagus untuk mata berperan dalam pembentukkan indra penglihatan , dan sebagai salah satu komponen penyusun pigmen mata di retina. Selain itu, vitamin ini juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit dan imunitas tubuh. Makanan sumber Vitamin A, antara lain susu, ikan, sayur-sayuran (terutama yang berwarna hijau dan kuning), dan juga buah-buahan (terutama yang berwarna merah dan kuning, seperti cabai merah, wortel, pisang, dan pepaya.

Buah sumber vitamin A

Buah pisang dimana terdapat kandungan kalium yang sangat banyak, juga terdapat banyak vitamin A. Apalagi pisang ambon. Pisang ambon dapat langsung dimakan buahnya tanpa perlu olahan. Sehingga untuk mendapatkan vitamin A, anda bisa langsung memakannya. Kemudian pepaya adalah buah yang mengandung vitamin A, yang mana terdapat pada betakaroten dimana terdapat pada 100 gram buah pepaya. 

Sayur sumber vitamin A

wortel, labu kuning, bayam, yang mengandung vitamin A lebih banyak daripada sayuran lainnya. Kita akan bahas pada sayuran bayam. Sayuran ini sangat banyak kandungan vitamin A, cukup dengan bayam 1 ikat saja perhari, maka kebutuhan vitamin A hampir 80% terpenuhi dalam tubuh.

Sumber hewani vitamin A

Untuk makanan vitamin A dari hewan daging bebek, ginjal domba, hati sapi, hati ayam, sosis hati, berbagai jenis ikan (baronang, cakalang, gabus, kawalinya, kima, lehoma, malugis, rajungan, sarden, sunu, titang dan tongkol), telur dan juga telur ikan asin.

Kekurangan vitamin A, akan mengalami rabun senja dan katarak. Selain itu, penderita defisiensi vitamin A ini juga dapat mengalami infeksi saluran pernapasan, menurunnya daya tahan tubuh, dan kondisi kulit yang kurang sehat. 

Kelebihan asupan vitamin A dapat menyebabkan keracunan pada tubuh. Penyakit yang dapat ditimbulkan antara lain pusing-pusing, kerontokan rambut, kulit kering bersisik, dan pingsan. Selain itu, bila sudah dalam kondisi akut, kelebihan vitamin A di dalam tubuh juga dapat menyebabkan kerabunan, terhambatnya pertumbuhan tubuh, pembengkakan hati, dan iritasi kulit.

0 Response to "Makanan Sumber Vitamin A"

Posting Komentar