__

Sayuran yang Cocok dan Sehat untuk Bayi

Sarur yang baik untuk bayi dapat memberi nutrisi yang tepat dan sehat pada masa pertumbuhan. Memberi sayur sekaligus mengenalkan makanan sehat pada anaksejak dini. Usia dimana bayi sudah bisa dicoba untuk makan sayur pada saat berusia 8-12 bulan. Pada 6 bulan pertama bayi masih full ASI eksklusif. Ada jenis sayuran yang cocok dan sehat untuk bayi, yang kaya dengan nutrisi.

Macam sayuran yang baik untuk bayi

Bayam. Sayuran berwarna hijau ini mengandung vitamin A (dalam bentuk betakaroten) yang tinggi, yakni 1872 mikrogram/100 gram. Kandungan bayam yaitu vitamin B, vitamin C, asam folat, serta mineral kalsium, fosfor, mangan dan zat besi. Bayam sangat baik untuk pembentukan otak bayi.

Labu siam. Kaya akan fosfor dan kalsium. Dalam 100 gram labu siam mengandung 25 miligram fosfor dan 14 miligram kalsium.

Wortel. Manjur buat kesehatan mata karena vitamin A-nya yang lumayan tinggi, yaitu sekitar 3600 mikrogram dalam 100 gram wortel.

Brokoli. Kaya kalsium dan asam folat. Dalam 100 gram brokoli yang dimasak, terkandung 56 mikrogram asam folat dan 88 miligram kalsium. Hanya saja karena bentuknya yang agak keras, maka brokoli harus benar-benar lunak dan dilumatkan saat disajikan untuk bayi.

Cara memberi sayur pada bayi

Rebus sayur hingga masak dan empuk. Sayur-sayur tersebut bisa dilembutkan atau dilumat ibu sebelum disuapkan pada bayi. Saat balita sudah berumur lebih dari 1 tahun, bisa dicoba dengan sup sayur dengan ukuran potongan kecil yang empuk. 
Cara memasak bisa bervariasi, direbus dalam sayur kuah ataupun dikukus, tergantung selera keluarga karena sayur ini tentunya juga sehat untuk  keluarga.

Tips. Ketika memilih sayuran buah seperti tomat, labu siam, wortel, labu kuning dan yang lainnya, hendaklah ibu memilih sayuran buah yang warnanya masih segar mencolok. Selain itu pilihlah sayuran buah yang tidak berbau busuk, tidak berlubang, dan buahnya tidak lunak. Janganlah memilih sayuran buah yang kulit buahnya telah keriput.

Baca Juga: Makanan yang Dihindari untuk Bayi
advertisement



SUKA?

Posted by: Alifan Doflamingo Mancing Info Updated at : 01.59

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More