Mengatasi Ngantuk di Pagi Hari

Mengatasi ngantuk di pagi hari yang sering menjadi masalah banyak orang, karena akan mengganggu aktifitas, terutama bagi yang kerja kantoran atau saat belajar di sekolah. Jika rasa ngantuk dan tidur di pagi hari dituruti, bisa menjadi kebiasan yang kurang baik, saya sendiri mengalaminya. Di waktu bekerja atau belajar tentu tidak menginginkan hal itu terjadi.

Aktifitas untuk mencegah ngantuk

1. 6-7 Jam tidur
Tidur yang baik setelah pukul 10-11 malam, tidak lebih dari jam 12 malam dan tidak kurang dari jam 9 malam. Kecuali anda ingin bangun dini hari untuk tahajud (bagi muslim) bisa tidur lebih awal. 

2. Sarapan porsi sedikit/tidak sarapan
Makanan yang disantap di pagi hari akan menjadi bahan bakar untuk memproduksi energi yang bermanfaat dalam aktivitas sehari-hari. Kebanyakan makan pagi dan rasa kenyang seringkali justru menimbulkan rasa malas dan kantuk. Jika aktivitas tidak berat hanya duduk sedikit gerak, tidak sarapan justru lebih membuat mata melek daripada sarapan, dan nanti makan siang dengan porsi biasanya

3. Ngopi 
Minum kopi bagi sebagian orang bisa membuat mata terjaga, dan membuat tubuh terasa rileks karena zat kafein dalam  kopi. 

4. Main game
Jika ngantuk berat, tidur adalah obat terbaik, namun sangat tidak tepat jika tidur di tempat kerja. Main game sejenak dengan hp/smartphone bisa mengurangi rasa kantuk.

5. Ngobrol dengan teman
Diam dan beraktifitas sendiri dimeja kerja/belajar sangat mudah menjadi mengantuk. Sesekali mengobrol dengan teman sangat membantu mengatasi nagntuk

6. Keluar ruangan
Ijin keluar, lalu jalan-jalan, menuju ke kantin beli minuman. Melakukan hal itu bisa membantu anda menghilangkan rasa ngantuk.

7. Semangat beraktifitas
Saat melakukan pekerjaan bagi yang di kantor, dan semangat belajar bagi yang masih sekolah, jika dilakukan dengan semangat, kemaungkinan rasa kantuk tidak akan muncul.


1 Komentar

  1. Ada satu lagi gan. Ane rasa ini yang paling manjur untuk ngilangin ngantuk: tidur. Hehe...
    Modifikasi Motor

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama