Cara Aman Menggunakan Obat Nyamuk


Untuk mengatasi gigitan nyamuk, pada umumnya menggunakan obat nyamuk, bakar, semprot atau elektrik. Cara aman menggunakan obat nyamuk harus meminimalisir resiko kontamisnasi racun, terutama asap dari obat nyamuk bakar.Mana yang lebih efektif digunakan, namun pada umumnya masyarakat suka jenis obat nyamuk bakar dan semprot.

Cara aman memakai berbagai jenis obat nyamuk

Gunakan tidak lebih dari 6 jam, tempatkan agakjauh dari tempat tidur, lebih baik jika dipakai (semprot dan  elektrik) 1-3 jam sebelumnya saat ruaangan kosong.

Obat Nyamuk Bakar
Tidak dianjurkan menggunakan obat nyamuk bakar sepanjang malam. Pemakaian obat nyamuk bakar tidak direkomendasikan, terutama pada anak yang berkecenderungan asma. Selain asapnya dapat menyebabkan pedih di mata, juga bisa menyebabkan batuk-batuk dan sesak nafas.
Bila menggunakan obat nyamuk ini, sebaiknya bakarlah kira-kira 6-8 jam denga peempatan jauh dari tempat tidur.

Obat Nyamuk Semprot
Lakukan penyemprotan sekitar 1 jam sebelum masuk ruangan atau kamar tidur. Bila bau sudah tidak tercium lagi maka sudah aman untuk masuk ruangan.
Hindari pula terkena bahan makanan atau yang bisa menyebabkan kontak langsung dengan kulit. Tutup makanan atau minuman, alasi tempat tidur anak. Jangan pula menyemprotkan obat nyamuk di kala anak sedang tidur.

Obat Nyamuk Elektrik
Seperti halnya obat nyamuk bakar, jenis elektrik juga tidak dianjurkan digunakan sepanjang malam. Lebih baik dipasang beberapa jam sebelum tidur. Matikan segera setelah anak tidur. Kendati dalam dosis kecil, obat nyamuk jenis ini pun mengandung bahan aktif. Jadi, tetap saja berbahaya, terutama pada anak yang sensitif dan peka.

Obat Nyamuk Oles
Bersifat mencegah, yaitu mengusir nyamuk. Daya tahannya tergantung dari masing-masing produk (mulai dari 4 hingga 8 jam). Biasanya batas waktu tersebut dicantumkan dalam kemasan. Olesi bila anak mau tidur. Jika setelah dipakaikan dan nyamuk tetap menempel berarti bahan aktifnya sudah tidak berfungsi lagi. Karena obat nyamuk jenis ini berisiko menyerap bahan aktif berlebihan melalui kulit, produk ini tidak dianjurkan digunakan pada anak di bawah usia 4 tahun.

0 Response to "Cara Aman Menggunakan Obat Nyamuk"

Posting Komentar