Tips Persiapan Fisik Sebelum Mendaki Gunung

Supaya kuat mendaki gunung salah satu modal utama adalah kuat fisik, kekuatan fisik dalam pendakian ditentukan oleh semangat dan kebisaan beraktivitas fisik. Jadi urungkan niat dulu jika anda jarang berolahraga setiap harinya. Walaupun anda tidak membawa barang apapaun, mendaki gunung adalah hal mustahil jika kaki anda tidak terbiasa bergerak berat. Jika anda pemula mendaki gunung berikut persiapan fisik sebelum mendaki gunung

1. Latih kekuatan kaki
Sangat mudah melatih kekuatan kaki, yaitu lari-lari dengan kecepatan meningkat setiap level. Dimulai dari joging ringan, kemudian sampai lari maraton cepat mengitari lapangan. Rutin  2 kali sehari dalam sebulan sudah cuckup membantu.

2. Naik turun tangga 3-5 lantai
Ini tips melatih berjalan untuk naik gunung. Jangan gunakan lift atau eskalator jika akan naik di mall atau kampus, coba pilih naik turun tangga manual untuk melatih kaki anda terbiasa gerakan naik.

3. Mengangkat beban tas carier
Carier dan isisnya adalah barang wajib yang anda bawa saat mendaki. Siapkan tas carier, isi sampai penuh dan berat, kemudian angkat dan jalan ditempat sambil menggunakannya, karena jika anda jalan-jalan diluar mungkin akan dianggap aneh. Bisa juga dengan push up membawa tas carier, atau jongkok berdiri sebanyak yang anda inginkan.

4. Coba memakai sepatu atau sandal
Pada saat mendaki gunung, alas kaki sangatlah penting, tentunya bukan sepatu atau sandal biasa, melainkan sepatu/sandal gunung. Jika anda belum pernah memakai, hendaknya segeralah cari dan cobalah untuk jalan-jalan membiasaknnya. Tentukan mana yang lebih nyaman, memakai sepatu  atau sandal. 

Itu sedikit cara yang bisa dipraktekan untuk latihan fisik sebelum mendaki gunung. Jika fisik anda kuat, Insyaallah akan lebih  mudah nantinya saat di perjalanan. Selain itu, penting jangan lupakan persiapan lain,  bekal yang dibawa saat mendaki, rute perjalanan, team pendakian dan pastinya berdoa kepada Tuhan Pencipta Gunung.

0 Response to "Tips Persiapan Fisik Sebelum Mendaki Gunung"

Posting Komentar