Penjelasan Jenis Kamera Mirrorless

Kamera mirrorless secara mudahnya adalah jenis kamera gabungan pocket dan DSLR. Dimulai 2008, dunia kamera digital dimeriahkan dengan keluarga baru yang dikenal dengan mirrorless camera. Penjelasan kamera Mirrorless secara gampang mirip DSLR, lengkap dengan kemampuan untuk berganti lensa (interchangeable lens) kecuali pada satu komponen, yaitu tidak adanya reflective mirror yang memantulkan cahaya dari lensa ke viewfinder.

Prinsip Kerja Kamera Mirrorless

Jika kerja DSLR camera adalah ketika lensa menangkap cahaya masuk kedalam tabung lensa, dipantulkan oleh cermin/mirror ke prisma dan ditangkap oleh viewfinder/jendela bidik. Saat tombol shutter (rana) pemotretan dilakukan cermin terangkat dan cahaya dilanjutkan sampai menggapai sensor. Nah berbeda dengan Mirrorless Camera, camera ini bekerja tanpa cermin pemantul / prisma, sehingga camera bisa lebih kompak. Cahaya yang melalui lensa ditangkap oleh sensor dan langsung tampil di LCD. Jadi prinsip kerja Mirrorless Camera lebih pada sensor. Namun demikian camera jenis ini di klaim mempunyai kemampuan setara dengan DSLR Camera.

Kelebihan kamera mirrorles

  • kamera dengan body seukuran kamera kompak (poket) dengan "mata" yang besar. Untuk hasil gambar sendiri mirrorless camera bila dibandingkan dengan DSLR tidak jauh berbeda.
  • Pengambilan gambar lebih cepat dibanding dengan kamera DSLR. Hal itu dikarenakan pantulan cahaya langsung mengenai image sensor tanpa melalui mirror terlebih dulu.
  • Selain compact, mini dan ringan lensa pada mirrorless kamera dapat diganti seperti pada DSLR. Jadi kita bisa melakukan berbagai jenis pemotretan mulai dari wide angel, zoom, dan lain sebagainya.

Kelemahan kamera mirroles
  • Tidak adanya optical viewfinder (digantikan oleh electronic viewfinder) 
  • Bentuknya seperti kamera pocket biasa, tidak terlihat pro Photografer
  • Harga kamera + lensa lebih mahal dari DSLR entri 

0 Response to "Penjelasan Jenis Kamera Mirrorless"

Posting Komentar