Melindungi Kesehatan dari Polusi Udara

Menjaga kesehatan dari polusi udara dirasa sangat penting di masa sekarang ini. Khususnya di daerah perkotaan, polusi sudah menjadi racun sehari-hari. Beda halnya di daerah desa yang masih jarang ada kendaraan,  masih banyak pepohonan. Polusi udara sangat berpotensi merusak jaringan tubuh melalui sistem pernapasan, sehingga lebih mudah terkena penyakit. Perlu kesadaran untuk mengatasi polusi udara, paling tidak mulai sadar untuk melindungi kesehatan dari polusi udara.

Dampak polusi udara bagi kesehatan

Penelitian epidemiologis pada manusia dan model pada hewan menunjukan PM10 (termasuk di dalamnya partikulat yang berasal dari diesel/DEP) memiliki potensi besar merusak jaringan tubuh. Data epidemiologis menunjukan peningkatan kematian serta eksaserbasi/serangan yang membutuhkan perawatan rumah sakit tidak hanya pada penderita penyakit paru (asma, penyakit paru obstruktif kronis, pneumonia).

Cara melindungi kesehatan dari polusi

1. Tanaman di pekarangan
Tumbuhan adalah cara paling ampuh menyerap pulutan dari karbondioksida. Tanaman hijau dan tanaman hias bisa dipadukan di pekarangan. Bisa juga menaruh pot dan polibag kecil atau menggunakan vertikultur dengan pipa jika hanya mempunyai lahan yang sempit. Anda bisa mencoba menaman jenis tanaman terapi di pekarangan. 

2. Olahraga di taman
Mengapa orang suka joging di taman, selain murah dan untuk refresing, juga sangat bagus untuk kesehatan. Karena pada saat berolahraga pernafasan lebih banyak, saat itulah darah dapat mengikat 02 dari lingkungan tumbuahan di taman.

3. Konsumsi buah dan sayur antioksidan
Apel lokal, kubis, sawi, jeruk lokal mempunyai gizi antioksidan yang lebih bagus daripada buah impor yang dimutasi terlebih dulu. Tentunya kita sudah tahu bahwa apel sangat bagus untuk antioksidan tubuh.

4. Minum air kelapa
Seharusnya anda sudah tahu banyak sekali manfaat air kelapa bagi kesehatan. Di saat bepergian dan berhenti untuk makan, cobalah minuman air kelapa yang dapat menghilangkan racun dalam organ pencernaan.

5. Wisata alam
Alam pasti menjadi tujuan wisata refresing utama bagi yang tinggal diperkotaan. Ini membuktikan bahwa efek alam, tumbuhan dan lingkunganya memberi efek segar pada pikiran. Disana anda bisa sepuasnya menghirup udara segar. Tidak perlu ke tempat wisata yang ramai, ke daerah agrowisata untukpetikbuah atau jalan-jalan di daerah pegunungan. 

0 Response to "Melindungi Kesehatan dari Polusi Udara"

Posting Komentar