__

Kandungan Gizi dan Manfaat Kubis

Manfaat sayur kubis selama ini malah jarang diungkap dibandingkan sayuran lain, misalnya bayam, wortel, buncis dll. Bahkan ada yang mengira bahwa kol/kubis gizinya sedikit karena toidak berwarna hijau, padahal kol adalah sayur yang familiar, bahkan enak dimakan mentah sebagi lalapan. Kubis mentah tentu saja lebih bagus gizinya dibanding yang dimasak. Kandungan gizi dan manfaat kubis pastinya cukup banyak, sayur ini sangat sering dikonsumsi untuk lalapan penyetan, ayam bakar, sayur sop, soto dsb.

Kubis adalah sumber dari meniral seperti mangan , kalsium dan kalium. Selain itu, meneral yang terkandung dalam kubis adalah  zat besi, fosfor, magnesium. Kubis  juga merupakan sumber dari serat, folat dan omega-3 yang sangat baik. Kandungan lainnya adalah, natrium, seng dan tembaga ditemukan dalam jumlah yang baik .

Sumber serat yang baik
Kubis juga merupakan makanan rendah lemak jenuh,  kolesterol dan merupakan sumber makanan yang kaya akan serat dan folat. Menyediakan hampir 15 persen dari asupan makanan harian yang disarankan. Serat sangat penting untuk memastikan sistem pencernaan tubuh berfungsi pada tingkat optimal. 

Memelihara Proses lambung
Kubis adalah salah satu solusi alami terbaik untuk radang perut (disebut tukak lambung). Sebuah penelitian di Stanford University School of Medicine menemukan bahwa jus kubis segar sangat efektif dalam mengobati tukak lambung. Sifat anti-radang dari kubis adalah karena kandungan glutamine tinggi di dalamnya.

Anti-inflamasi (Peradangan)
Kubis merupakan sumber yang baik dari asam amino glutamine dan diyakini untuk membantu mereka yang menderita semua jenis peradangan.

Sayur yang bagus untuk diet
sebagian besar yang terkandung dalam kubis  adalah  karbohidrat. Namun kubis makanan yang  rendah kalori, oleh karena itu makanan ini baik dikonsumsi untuk penurunan berat badan. Itulah sebabnya orang yang diet sup kubis dapat makan dalam jumlah banyak dari sup tanpa kenaikan berat badan, sementara masih tetap sehat.

Antioksidan
Sayur kol juga dikenal sebagai pelawan  kanker. Kol penuh fitonutrien, yang menghasilkan enzim yang terlibat dalam detoksifikasi tubuh. Enzim ini membantu untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan beberapa jenis kanker yang berbeda, termasuk paru-paru dan kanker prostat.

Jadi dilihat banyaknya manfaat dan gizi dari kubis, teruskan kebiasaan suka makan dengan lalapan kubis. Selain memberi efek segar pada makanan yang berlemak, juga sangat baik manfaatnya bagi kesehatan khusunya pencernaan.




SUKA?

Posted by: Alifan Doflamingo Mancing Info Updated at : 05.17

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More