__

Tips Memilih Kosmetik yang Aman Digunakan

Kosmetik yang aman adalah harga mati khususnya bagi wanita yang gemar memakai kosmetik. Sudah sewajarnya, hampir setiap wanita suka memakai kosmetik uintuk perawatan wajah supaya selalu cantik  atau menjadi lebih cantik. Sista pasti tahu merek-merek kosmetik yang beredar di pasaran, dan setiap  orang punya kecocokan sendiri-sendiri. Belum tentu merek kosmetik terkenal selalu cocok dan bagus dipakai, oleh karena itu sudah seharusnya bisa memilih jenis kosmetik  yang bagus. Karena itu, paling tidak ketahui tips kosmetik yang aman digunakan.

Kebiasaan ganti-ganti kosmetik seperti pakaian, sista kadang-kadang punya kebiasaan ingin ganti produk kosmeteik ini itu yang baru> Apalagi iklan-iklan yang menawan bikin penasaran, padahal bisa saja ga cocok malah menyebabkan alergi pada wajah.

Uji kosmetik sebelum benar-benar dipakai

Salah satu cara untuk menghindari terjadinya efek samping pada pemakaian kosmetik adalah dengan melakukan uji kulit. Uji kulit terdiri dari berbagai cara, baik yang dapat dilakukan sendiri maupun yang harus dilakukan oleh dan di bawah pengawasan dokter.Jenis uji kulit : 

uji kulit yang dilakukan untuk mencegah terjadinya efek samping terhadap kulit. Konsumen yang akan menggunakan kosmetik atau akan menggunakan kosmetik baru dapat melakukan uji pakai (usage test), yaitu dengan memakai kosmetik tersebut di tempat selain wajah (punggung, belakang telinga, lengan) dengan cara yang biasa dipakai sehari-hari, setelah itu dibiarkan selama 24-48 jam, bila tidak terjadi reaksi kulit yang tidak diinginkan maka kosmetik tersebut aman digunakan.

Memilih produk kosmetik yang bagus

1. Legalitas produk
Pilihlah produk kosmetik yang legal. Hal ini ditunjukkan dengan dicantumkannya nomor pendaftaran di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Kode pendaftaran untuk produk kosmetik lokal adalah CD, sedangkan untuk produk impor memiliki kode CL.

2. Daftar komposisi bahan
Dengan pengetahuan tentang bahan-bahan kosmetik yang halal, mashbooh dan nonhalal, paling tidak sebagai saringan awal untuk memilih produk mana yang aman dan halal untuk dipakai. Semakin lengkap komposisi yang dicantumkan, biasanya produk tersebut semakin terpercaya, karena konsumen dengan mudah mencari informasi mengenai bahan tertentu.

3. Nama dan alamat produsen
Nama dan alamat jelas produsen harus jelas tercantum pada label kemasan yang mengindikasikan mudahnya akses bagi konsumen untuk memperoleh informasi lanjutan mengenai produk bersangkutan.

Perlu diketahui, Banyak riset menyebutkan, tingkat kesadaran mengenai produk kosmetik halal memang masih rendah, tapi cenderung meningkat pesat. Masalahnya adalah ketersediaan produk halal yang disebabkan terbatasnya akses bahan baku yang memenuhi standar halal, dan pedoman/panduan yang bisa memastikan status kehalalan bahan baku tersebut.
advertisement



SUKA?

Posted by: Alifan Doflamingo Mancing Info Updated at : 04.14

1 komentar:

user

Makasih banyak atas infonya...

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More