__

Penyebab dan Solusi Telapak Kaki Gatal

Gatal pada telapak kaki rasanya berbeda dengan gatal area kulit lain, karena kulit kaki lebih tebal dan susah digaruk. Hal ini sering terjadi pada banyak orang terutama ketika kondisi udara panas dan keringat kaki. Kassunya mirip pada telapak tangan yang gatal  dan berwarna merah. Umumnya rasa gatal ini hanya beberapa saat saja tidak terjadi secara terus-menurus sampai iritasi. Jika anda sedang mengalami, berikut penyebab dan solusi telapak kaki gatal.

Penyebab telapak kaki gatal

Jika Kaki pecah-pecah dsertai gatal atau nyeri, karena jika demikian bisa disebabkan karena jamur. Kondisi kaki yang selalu tertutup sepatu (misalnya sepatu berbahan kulit sintetis) juga menyebabkan kaki menjadi panas dan akibatnya mudah pecah-pecah atau kasar. Kaki yang selalu tertutup juga bisa memancing jamur tumbuh subur sehingga kondisinya akan lebih susah untuk diobati.

Kaki gatal basah biasa terjadi secara spontan disaat kaki kurang mendapat udara dan kesulitan untuk mengeluarkan keringat sehingga telapak kaki gatal sulit digaruk. 

Cuaca yang panas sehingga tubuh menglami panas dalam juga bisa memicu kaki dan telapk tangan gatal-gatal bahkan pecah-pecah. Ini sering dialami pada perubahan musim

Solusi telapak kaki gatal

Untuk perawatan dasar, cuci kaki sampai betul-betul bersih setiap kali mandi, dan jangan lupa handuki sampai benar-benar kering, terutama sela-sela jari kaki. 

Gunakan kaus kaki untuk menyerap lembab keringat jika harus memakai sepatu. Sering-sering lepas sepatu untuk memberi udara segar pada kaki Anda, atau gunakan sepatu sandal yang lebih terbuka.

Gosok-gosokkan kaki dengan lembut dengan gerakan memutar, kira-kira lima menit untuk masing-masing kaki. Setelah itu keringkan kaki, pijat-pijatlah dengan lembut dengan menggunakan minyak esensial atau boleh juga dengan body lotion agar peredaran darah di telapak kaki lancar.

Bisa gunakan lotion  khusus kaki pada malam hari sebelum tidur. Atau boleh juga menggunakan krim khusus telapak kaki seperti Gehwol. Lakukan pada kaki yang bersih (jadi bersihkan dulu dengan sabun secara seksama sebelum tidur). 
advertisement



SUKA?

Posted by: Alifan Doflamingo Mancing Info Updated at : 17.09

1 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More