Merawat Wajah Berminyak Secara Tepat

Merawat muka berminyak harus lebih intensif karena rentan terhadap kotoran menempel penyebab jerawat. Ada yang bilang memiliki wajah berminyak membuat kita tidak mudah keriput. Namun efek minyak yang muncul di wajah terlihat mengkilap dan mudah kotor. Kulit wajah berminyak membutuhkan perlakuan khusus supaya wajah terlihat bersih. Berikut tips merawat wajah berminyak secara tepat.

Perlakuan untuk wajah berminyak

Jangan mencuci muka terlalu sering
Saat cuaca begitu panas, pasti Anda merasa ingin sering-sering mengguyur wajah dengan air dingin. Namun busa dan air yang berlebihan ternyata dapat mengikis kelembaban kulit dan menyebabkan kelenjar sebaceous (yang mengeluarkan substansi berminyak yang disebut sebum) bekerja keras untuk melembabkan kulit. Hal ini justru mengakibatkan efek rebound, berupa kulit yang lebih berminyak. Basuh muka 3 kali sehari sudah cukup bagus.

Pilih pelembab yang lebih ringan
Produk impor seperti krim wajah untuk udara dingin tidak cocok untuk kulit. Meskipun formula antipenuaan yang lebih bergizi akan bekerja efektif saat digunakan malam hari (bisa meningkatkan regenerasi sel kulit dan produksi kolagen yang terjadi secara alami ketika kita tidur), namun losion untuk pagi hari seharusnya lebih ringan. 

Kertas minyak
Cara instan untuk melakukan touch-up di sela-sela kesibukan Anda adalah mengelap wajah dengan kertas minyak. Simpanlah selalu produk kertas minyak di dalam tas Anda. Saat ini juga sudah ada kertas minyak yang mengandung bedak ringan, sehingga wajah Anda langsung segar dalam sekejap.

Perwatan wajib untuk kulit berminyak

Mencuci muka
Pilih sabun cuci muka untuk wajah berminyak. Kemudian jangan malas mencuci muka dengan sabun tersebut dua kali dalam sehari.

Tabir surya
Mengenakan tabir surya berlebihan bisa membuat wajah semakin tampak berminyak. Jadi batasi penggunaan tabir surya secukupnya jika akan keluar rumah.

Makanan
Beberapa makanan ternyata mempengaruhi produksi minyak pada wajah. Misalnya makanan pedas yang ternyata membuat wajah semakin terlihat berminyak.

Krim malam
Beberapa perawatan wajah berminyak juga membutuhkan penggunaan krim malam. Sebab malam hari kulit juga bekerja untuk meregulasi kandungan air dan minyak pada wajah.

Cara mengusap
Ketika wajah terlihat berminyak, gunakan kertas khusus penyerap minyak dengan cara menepuk-nepukkannya dengan pelan. Jangan mengusap karena Anda bisa iritasi atau hiasan make akan menjadi berantakan.

0 Response to "Merawat Wajah Berminyak Secara Tepat"

Posting Komentar