Makanan yang Bagus untuk Darah Tinggi

Makanan untuk penderita darah tinggi/hipertensi wajib diperhatikan, sebagai  kontrol sekaligus membantu menurunkan tekanan darah supaya tetap berada pada batas aman 120-140. Beberapa jenis makanan tertentu justru meningkatkan tekanan darah, misalnya sete kambing, santan, gorengan berinyak dsb. Jenis-jenis  makanan yang bagus untuk darah tinggi, terutama jenis makanan dari buah, sayur dan rempah, yang jelas lebih bagus dibandingkan makanan olahan sebagai penurun hipertensi.

Makanan yang cocok untuk penderita hipertensi

1. Tahu tempe
Studi yang dipresentasikan di pertemuan tahunan American College of Cardiology menemukan kandungan isoflavon dalam kedelai yang memainkan peran penting dalam penurunan tekanan darah sistolik.

2. Pisang
Studi pada 2005 yang dipublikasikan di jurnal Hypertension menemukan efek penurunan tekanan darah dari makanan yang kaya kandungan potasium, seperti pisang. 

3. Kentang 
Penelitian kecil yang dipresentasikan dalam pertemuan American Chemical Society tahun lalu menunjukkan, kentang ungu memiliki efek sama baiknya dengan oatmeal dalam membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Kentang lebih baik direbus daripada digoreng sehingga tidak ada lemak dari minyak goreng.

4. Bayam 
Merupakan sumber magnesium yang sangat baik. Tidak hanya melindungi Anda dari penyakit jantung, tetapi juga dapat mengurangi tekanan darah, maka bayam cocok untuk penderita penyakit darah tinggi. 

5.Sawi hijau
Kahisaatnya hampir sama dengan bayam mengandung vitamin dan mineral yang penting, terutama magnesium. Magnesium merupakan elemen penting untuk menurunkan tekanan darah dan kesehatan secara keseluruhan, seperti yang diperlukan untuk lebih dari 300 reaksi biokimia.

6. Tomat 
Departemen Pertanian AS melaporkan bahwa uji klinis delapan minggu konsumsi tomat biasa menghasilkan penurunan yang signifikan pada tekanan darah, baik sistolik dan diastolik pada individu dengan hipertensi ringan sampai sedang.

7. Mentimun
Kandungan mineral kompleks dalam mentimun seperti potassium, magnesium juga fosfor menjadikan sayuran yang satu ini berkhasiat untuk menurunkan darah tinggi atau hipertensi. Jika Anda termasuk penderita hipertensi, Anda baiknya mengkonsumsi mentimun setiap hari secara rutin. 

Makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Seledri
Seledri sudah lama digunakan pakar pengobatan oriental sebagai anti-hipertensi. Setiap hari Anda sedikitnya harus makan 4 pucuk seledri untuk menjaga tekanan darah. Boleh juga dibuat jus agar mudah diminum.

Bawang Putih dan Bawang Bombai.
Bawang putih kerap dijuluki ‘obat ajaib’ untuk jantung, karena bermanfaat bagi seluruh sistem kardiovaskular. Hasil studi menunjukkan pasien hipertensi yang diberi sesiung bawang putih setiap hari selama 12 minggu dapat menurunkan tekanan diastolik dan kolesterol. Kurang suka dengan aroma bawang putih? Campurkan sana irisan bawang bombai ke dalam masakan.

Tomat
Tomat mengandung GABA (gamma-amino butyric acid), yang dapat menurunkan tekanan darah. Coba pula mengonsumsi brokoli yang bermanfaat serupa.

Rempah 
Tukar garam dengan cincangan rempah segar seperti  jintan, lada hitam, dan daun salam. Masakan Anda pun tak akan terasa ‘anyep’ di lidah tetapi tetap sehat. Bila memungkinkan gunakan rempah yang segar. Rempah-rempah ini juga mengandung banyak antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan.

Yogurt
Ganti menu sarapan atau camilan Anda dengan yogurt. Dibandingkan susu rendah lemak, yogurt mengandung 50% lebih banyak kalsium dan potasium yang dapat menurunkan tekanan darah. Mereka yang mengonsumsi kedua mineral ini dan menjaga asupan garam, terbukti berhasil menurunkan tekanan darah sistolik dan diastoliknya. Anda yang bertekanan darah normal pun dapat memanfaatkannya, karena semakin mendekati angka tekanan darah yang sehat (120/80), jantung akan semakin sehat. 

0 Response to "Makanan yang Bagus untuk Darah Tinggi"

Posting Komentar