Kebiasaan Penyebab Menjadi Gemuk

Penyebab kegemukan jika kurang kita sadari dan dihindari sangat berpotensi menjadi obesitas. Biasanya dimulai dari berat badan perlahan bertambah di usia 20 tahun keatas saat pertumbuhan sudah berhenti. Ketika masa inilah kemungkinan untuk gemuk sangat tinggi. Gaya hidup yang tidak tertur, makan berlebih, dan sedikit aktivitas adalah kebiasaan penyebab menjadi gemuk. Supaya terhindar dari kegemukan,   memang harus menjaga pola hidup, aktivitas dan pola makan.

Kebiasaan yang pasti menjadikan gemuk

Sedikit bergerak sedikit berfikir
Di usia yang sudah tidak mengalami pertumbuhan, nutrisi dari asupan makanan jarang digunakan jika jarang melakukan aktivitas. Aktivitas berfikir dapat membakar energi dari glukosa, sedangkan bergerak akan membakar cadangan lemak sebagai energi. karena itu untuk mengimbangi harus melakukan olahraga rutin.

Banyak ngemil dan minum
Anehnya orang-orang jaman sekarang ga sadar suka ngemil, padahal sudah makan 3 kali sehari masih ditambah lagi.  Melakukan itu dirumah, saat jalan-jalan, nonton bisokop dsb. Minum teh dan kopi sudah menjadi kebiasaan sejak dulu kala, namun sekrang ditambah minuman manis softdrink. Ngemil danminum bisa diabaikan jika mempunyai aktivitas yang banyak dan sering beregarak, maka asupan yang masuk ke tubuh tidak menumpuk menjadi lemak.

Makan sebelum tidur 
Kebiasaaan ini sering dilakukan oleh banyak orang, padahal dampaknya sangat buruk bagi tubuh. Seperti mengurangi kualitas dan kuantitas tidur, pencernaan Anda tidak memiliki cukup waktu untuk mencerna makanan yang dikonsumsi.

Penyebab gemuk  yang tidak disadari

Mengunyah terlalu cepat
Mengunyah makanan terlalu cepat adalah kebiasaan makan yang paling buruk, karena Anda tidak mengunyah makanan secara sempurna sehingga sistem pencernaan harus bekerja ekstra untuk mencerna makanan tersebut. Selain itu, terlalu cepat mengunyah dan menelan makanan akan menyebabkan perut terasa kembung. Otak Anda memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk memberi sinyal bahwa perut sudah terisi penuh. Hindari mengonsumsi cemilan yang tidak perlu, pilihlah makanan yang sehat, dan banyak minum air putih ketika makan.

Terlalu banyak makanan manis 
Mengonsumsi gula secara berlebihan hanya akan memberikan tubuh kalori yang tidak dibutuhkan. Mengonsumsi makanan manis memang dapat menmberikan energi namun apabila berlebihan hanya akan menyebabkan kerusakan pada tubuh.

Makan karena emosi
Jangan biarkan mood mengatur pola makan Anda. Biasanya apabila sedang frustrasi, dorongan untuk mengonsumsi karbohidrat menjadi lebih besar. Coba alihkan kebiasaan makan kepada aktivitas lainnya seperti berolahraga atau menonton film.

Kurang Tidur
Kurang tidur bisa membuat anda gemuk. Menurut penelitian, kurang tidur dapat memperlambat metabolisme sebanyak 5% – 20% dan mengubah tingkat hormon rasa lapar, membuat anda lapar sepanjang hari dan makan dengan dengan banyak.

Dengan mengetahui penyebab-penyebab kegemukan yang sudah dipaparkan, harapannya dapat menjadi pengetahuan supaya dapat menghindari penyakit obesiatas yang mengganggu penampilan.

0 Response to "Kebiasaan Penyebab Menjadi Gemuk"

Posting Komentar