-

Hewan-Hewan yang Dilindungi di Indonesia

Hewan yang dilindungi di Indonesia karena terancam punah. Kekayaan alam satwa Indonesia sangatlah banyak, namun karena ulah manusaia, semakin lama semakin punah. Oleh karena itu Hewan-hewan  yang dilindungi di Indonesia seharusnya benar-benar dijaga untuk melestarikan kekayaan flora dan fauna alam Indonesia

1. Anoa


dalah hewan khas Sulawesi. Ada dua spesies anoa yaitu: Anoa Pegunungan (Bubalus quarlesi) dan Anoa Dataran Rendah (Bubalus depressicornis). Keduanya tinggal dalam hutan yang tidak dijamah manusia. Penampilan mereka mirip dengan rusa dengan berat 150-300 kg. Kedua spesies tersebut dapat ditemukan di Sulawesi, Indonesia. Sejak tahun 1960-an berada dalam status terancam punah. Diperkirakan saat ini terdapat kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup.


2. Badak bercula satu
Badak bercula satu atau lebih di kenal dengan badak jawa adalah hewan yang saat ini hampir punah dan hanya bisa kita temui di taman nasional ujung kulon. Sangat disayangkan sekali memang, karena Hewan ini banyak diburu oleh manusia untuk di ambil culahnya. Mereka mengambil culah badak ini untuk digunakan sebagai obat.

3. Komodo
Komodo, atau yang selengkapnya disebut biawak komodo adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara.

4. Elang Jawa
Elang Jawa (Spizaetus bartelsi) adalah burung nasional Indonesia karena kemiripannya dengan Garuda dan juga merupakan simbol jenis satwa langka di Indonesia. Elang Jawa hanya terdapat di Pulau Jawa dan penyebarannya terbatas di hutan-hutan.

5. Merak
Hewan Langka
Hewan ini hidup di hutan terbuka yang memiliki padang rumput luas. Keberadaan hewan ini tak hanya ada di indonesia melainkan ada juga di negara lain seperti china, India dan Malaysia. Burung Merak memakan aneka biji-bijian, pucuk rumput dan dedaunan, aneka serangga, serta berbagai jenis hewan kecil seperti laba-laba, cacing dan kadal kecil.

6. Penyu
Hewan Langka

Penyu adalah kura-kura laut. Penyu ditemukan di semua samudra di dunia. Menurut data para ilmuwan, penyu sudah ada sejak akhir zaman Jura (145 - 208 juta tahun yang lalu) atau seusia dengan dinosaurus. Hewan laut ini menjadi salah satu daftar terancam punah


7. Harimau Sumatera

Harimau Sumatera Saat ini jumlahnya semakin sedikit, Penebangan liar yang semakin marak serta perburuan untuk mengambil kulit dari harimau, membuat keberadaannya semakin memprihatinkan.



Ditulis Oleh : Alifan Doflamingo ~

Anda sedang membaca artikel berjudul Hewan-Hewan yang Dilindungi di Indonesia yang ditulis oleh Mancing Info yang berisi tentang :Hewan yang dilindungi di Indonesia karena terancam punah kekayaan alam satwa Indonesia sangatlah banyak Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top