Menghitung Konsumsi Gula per Hari

Konsumsi gula mempunyai kaitan erat dengan penyakit diabetes. Siapapun orang tidak bisa menolak bahwa gula berlebih sebagai penyebab utama diabetes. Lalu berapa konsumsi gula per hari untuk menghindari diabetes. Menghitung berapa jumlah konsumsi gula per hari setiap orang berbeda-beda, karena kalori orang beraktifitas gerak dengan aktifitas duduk di kantor atau di kelas sangat berbeda.

Metabolisme Gula dalam Tubuh
Secara singkat tubuh membutuhkan energi yang dihasilkan dari metabolisme glukosa yang berasal dari karbohidrat dan gula. Proses ini terjadi secara terus menerus. Jika ada karbidrat dan gula akan langsung di proses menjadi glukosa dan di simpan dikendalikan oleh hormon  insulin. 

Penyakit diabetes terjadi ketika kerja hormon insulin sudah rusak akibat terlalu berat kerja karena kelebihan cadangan gula dalam tubuh. Lalu gula akan ikut dalam darah, ketika darah dicuci oleh ginjal, sisi-sisa gula tadi akan larut dalam air kencing, sehingga disebut kencing manis.

Perhitungan Konsumsi Gula Umum
Pagi hari ini anda ngopi atau minum teh manis dengan tambahan gula sebanyak 3 sendok, kemudian siang di kantor minum kopi lagi dengan gula 3 sendok teh berikutnya malam hari minum teh atau kopi susu dengan tambahan gula 3 sendok teh, maka total gula yang anda konsumsi hari ini adalah 9 sendok teh.

Asosiasi Makanan dan Obat AS (FDA) mengingatkan agar asupan gula wanita tidak lebih dari 100 kalori per hari, atau enam sendok teh (25 gram). Sedangkan laki-laki sebesar 150 kalori gula atau sembilan sendok teh (37,5 gram).

Sayangnya, masih banyak orang yang mengonsumsi gula dalam porsi berlebihan. Terbukti, riset terhadap 6.000 orang menemukan, hampir 16 persen kalori sehari-hari berasal dari gula. Kelompok tertinggi memakan rata-rata 46 sendok teh gula per hari. Sementara kelompok terendah rata-rata hanya mengonsumsi gula sekitar 3 sendok teh setiap hari. 

Sumber Gula yang Masuk ke Tubuh
Jangan salah kira jika kita sehari hanya minum minuman 3 gelas berarti aman,  sesuaiperhitungan konsumsi 3-6 sendok teh. Ingat.! makanan-makanan manis lain  yang kita makan sehari-hari juga termasuk sumber gula, yang artinya, kebanyakan orang tidak sadar mengkonsumsi gula berlebih.

Nasi, Roti = karbohidrat = Glukosa
Bukan hanya gula saja yang disalahakan, karena hampir setiap apa yang kita makan banyak mengandung karbohidrat sebagai  sumber glukosa. Jadi, lebih baik adalah konsumsi makan dan minum yang cukup saja, itu lebih bagus untuk menjaga konsumsi gula per hari kita daripada harus repot-repot menghitung berapa sendok.

Orang-Orang yang Selamat dari Gula
Meraka adalah perkerja bangunan, para kuli angkut, tukang becak, petani, pemulung. Setiap harinya gula akan selalu terpakai untuk menopang tenaga untuk bekerja. 

Bagaimana gula/kalori terbakar
Di saat tubuh mengangkat beban yang butuh kekuatan tenaga dengan gerakan dari semua sendi. Nafas terengah-engah tanda pembakaran glukosa yang membutuhkan banyak  O2 yang baru saja baru terjadi. Di saat itulah kalori/glukosa akan langsung terpakai. Jadi, joging, tenis, golf belum mampu mambakar timbunan glukosa, melainkan hanya membakar dan mengambil kalori dari lemak tubuh.

0 Response to "Menghitung Konsumsi Gula per Hari"

Posting Komentar