Ciri-Ciri Orang Sombong

Ciri-ciri orang sombong menurut Nabi SAW ada 2 tandanya, mari kita ketahui, yang mungkin saja sifat buruk itu ada pada kita sendiri. Sifat sombong adalah sifat yang dibenci oleh manusia, apalagi Allah SWT. Adalah salah satu sifat buruk manusia, menjadikan tidak disukai orang lain. Mungkin kita menilai seseorang itu bersifat sombong, atau mungkin malah kita sendiri. 

Ciri-ciri sombong ada 2 yang jelas 

yaitu merendahkan orang lain dan  menolak kebenaran.

1. Merendahkan orang lain
Rasa merendahkan ini sangat mudah muncul pada hati manusia, seringkali kita tidak sadar. Banyak sebab kita merendahkan orang lain, mungkin karena fisknya, karena kebodohannya atau karena kemiskinannya. Bukankah fisik, otak dan keturunan itu semua berasal dari Tuhan? Manusia tidak bisa menentukan.

Alangkah sombongnya manusia dengan mudahnya mencela orang lain yang (mungkin wajahnya jelek, giginya maju, tubuhnya pendek dsb), secara tidak sadar itu mencela Tuhan yang telah menciptakan. 

2. Menolak kebenaran
Seorang yang tidak peduli dengan ajakan kebenaran hakikatnya mempunyai perasaan dirinya paling benar. Benar atau salah sesuatu itu bisa dibedakan oleh hati dan akal. Manusia yang bisa saling menasehati dalam hal kebenaran, mempunyai rasa peduli dan menghormati. 

Bahkan jika orang lain jelas-jelas mengajak kita dalam perbuatan salah, seharusnya peduli dengan menasehati, namun jika tidak mampu menasehati, kita menolak dengan baik dan dalam hati  tetap mendoaakan (karena Allah tahu apa isi hati kita).

Meskipun ciri-ciri sombong disitu cuma ada 2, namun sudah bisa mewakili banyak sifat. Misalanya sesorang yang ga suka dinasehati kebenaran, merasa dirinya paling benar, suka menyalahkan atau mengolok orang lain. Suka pamer dalam hatinya dia lebih dari orang lain. Bahkan sikap sombong selalu mudah menghinggapi hati setiap manusia. 

2 Komentar

Lebih baru Lebih lama