Tips Realistis Supaya Diterima di Perguruan Tinggi Negeri

Sekarang zamannya semakin banyak siswa yang ingin melanjutkan kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan tentunya juga bonafit. Sekelas UGM, UI, ITB, Unair dll. Hal itu tentu sangat bagus untuk kemajuan generasi muda Bangsa. Namun, idealisme kuliah yang salah justru membuat mimpi kandas. Tidak diterima, lalu menerima apa adanya, baik jurusannya maupun perguruan tingginya. Nah aku mencoba membantu membagi tips realistis supaya diterima di Perguruan Tinggi Negeri terutama yang bonafit sesuai harapan.

1. Lihat kemampuan dirimu
Dalam  hal ini tentunya tingkat kecerdasan, IQ dan kualitas belajar. Nilai rapormu menggambarkan seberapa kemampuanmu. Jangan terlalu mimpi tinggi jika kamu punya kecerdasan pas-pasan. Tapi bukan berarti  menyuruh untuk mundur, tetapi berpikirlah strategi lebih  maju.

2. Lihat kemampuan orang lain (meraka adalah pesaingmu)
Masuk PTN itu banyak saingannya, ini maksudnya aku menyarankan untuk melihat orang lain, termasuk temanmu. "Ah jangan minder dulu, sama-sama makan nasi" sebuah kalimat dengan 2 arti; membesarkan hati atau malah meremehkan orang lain. Akuilah jika orang lain lebih pandai darimu, akan membuat jiwamu lebih bijaksana, berpikirlah lebih jauh untuk itu.

3. Orang lain idealis, kamu berpikir realistis
Bukan berarti kita takut bersaing, tapi dengan realistis aku akan menang. Ya.! sesudah kamu mengetahui kemampuan mu sendiri dan  orang lain yang akan jadi sainganmu, saatnya lihat peluang dan ambil langkah. Idealis dan realistis, 2 hal yang sering dilupakan anak-anak dalam memilih jurusan. Lalu ambil peluangmu di sana.

4. Strategi memilih Jurusan
Tidak selamanya kedokteran, teknik, ekonomika bisnis dsb merupakan jurusan yang terbaik. Yang terbaik adalah yang memiliki prospek dunia kerja yang mudah dan bonafit. Aku ambil contoh jurusanku Pertanian, satu jurusan yang dianggap remeh orang-orang. Padahal prospek dunia kerjanya bagus: perusahaan, perkebuanan, PNS, peneliti dan petani unggul itu sendiri. (aku tidak mengajak untuk ke Pertanian)

5. Merasalah bodoh, tapi semangatlah..!
Dalam keadaan apapaun manusia yang hebat selalu punya semangat, pantang putus asa. Salah satu sikap menunjukan semangat adalah rajin belajar, karena kamu masih bodoh. (Lebih baik bodoh daripada cerdas tidak punya mental semangat untuk maju)

6. Berdoa
The ultimate ways, jangan penah lupa akan pertolongan Allah SWT. Sehebat apapun manusia, mereka tidak ada apa-apanya di hadapan Tuhan.

Jika kamu adalah bagian dari siswa berprestasi di sekolah, sering ikut olimpiade lomba, berarti kamu sudah punya pengalaman bersaing di dunia akademik. Pilihlah jurusan dan PTN terbaik yang kamu suka.

Nah.. itu saja tips singkat supaya diterima di PTN yang kamu inginkan, semoga bisa tercapai keinginan. Pengen melanjutkan kuliah kemana? UGM, ITS, ITB atau UI ? 

0 Response to "Tips Realistis Supaya Diterima di Perguruan Tinggi Negeri"

Posting Komentar